Usai Cuti, Martin Rantan Kembali Jabat Bupati Ketapang

Bupati Ketapang Martin Rantan ( kiri) keembali menerima fasilitas kendaraan yang diserahkan Pj Sekda Ketapang.
Bupati Ketapang Martin Rantan ( kiri) keembali menerima fasilitas kendaraan yang diserahkan Pj Sekda Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Heronimus Tanam ME resmi mengembalikan semua fasilitas jabatan Bupati kepada Martin Rantan SH MSos, Minggu (06/12/2020) di Rumah Dinas Bupati.

Penyerahan sejumlah fasilitas dilakukan karena masa cuti Martin Rantan yang kembali mencalonkan diri di Pilkada 2020 telah berakhir. Martin cuti selama 71 hari, yakni sejak 25 September – 06 Desember 2020.

Pj Sekda Ketapang, Heronimus Tanam mengatakan, terhitung mulai 6 Desember 2020, Pemda Ketapang telah mengembalikan fasilitas jabatan Bupati. Pengembalian dilaksanakan lantaran masa cutinya berakhir dan kembali menjabat Bupati.

“Sesuai undang-undang, ketika awal cuti Pemda menerima penyerahan seluruh sarana maupun aset yang melekat di jabatan Bupati. Berhubung masa cuti itu berakhir, maka malam ini fasilitasnya dikembalikan seperti semula,” jelas Tanam.

Bupati Ketapang, Martin Rantan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Ketapang. Ia merasa bersyukur karena dapat kembali berada di tengah-tengah pemerintah sebagai Kepala Daerah.

“Setelah cuti kampanye 71 hari sebagai calon Bupati dan sudah berakhir hari ini, saya merasa bersyukur karena bisa bergabung lagi di lingkungan Pemkab Ketapang,” ucap Martin.

Martin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Ketapang. Pasalnya, sewaktu masa kampanye dirinya selalu menjaga jarak.

“Ketika dalam masa kampanye, saya sengaja jaga jarak. Itu saya lakukan supaya semua ASN dapat menjaga netralitas dalam Pilkada, saya tidak mau ada yang tidak netral,” tegasnya.

Menyangkut tata kelola kepemerintahan, ia menilai berjalan baik meskipun dirinya menjalani cuti. Dia berharap, dengan kembalinya menjabat Bupati bisa lebih ditingkatkan dan semua OPD dapat terus bersinergi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh organisasi perangkat daerah yang telah menjalankan tugas kepemerintahan dengan baik semasa saya cuti. Saya harap kita terus bersinergi,” ujarnya.

Martin menambahkan, sebagai Kepala Daerah, mulai Minggu ini akan langsung melakukan pemantauan guna memastikan Pilkada Ketapang tahun 2020 berjalan aman, damai dan tertib.

“Nanti saya juga akan lihat netralitas para ASN dan penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu. Hari senin saya langsung lakukan pengecekan di lapangan,” ucapnya.

Selanjutnya, dia akan kembali menjalankan tugas rutin sebagai Kepala Daerah. Di antaranya memaksimalkan APBD Perubahan maupun Murni 2020 supaya berjalan lancar, sehingga proses pembangunan dan kepermerintahan tahun 2020 bisa diakhiri dengan baik.

“Sesudah itu, karena bulan Januari masuk APBD 2021 dan sudah disahkan, menjadi tugas dan kewajiban Bupati melalukan upaya memepercepat proses penyelenggaraannya. Tidak hanya Bupati, juga jadi tugas jajaran pemerintah, terutama OPD sebagai penyelenggara program-program Pemkab,” ungkapnya.

Adapun yang lain, tentunya bersama dengan masyarakat terus menjaga keharmonisan dan semangat persaudaraan agar di Ketapang tetap kondusif. Dengan demikian, proses pembangunan dapat berjalan maksimal.

“Kita harus selalu menjaga keharmonisan dan persaudaraan. Bahwa Ketapang, apapun yang terjadi, semua harus tetap bahu membahu membangun Kabupaten Ketapang,” pungkasnya. (Adv/Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.