Kasus Positif Covid- 19 di Ketapang Bertambah

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami
Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami

KETAPANGNEWS.COM – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ketapang kembali bertambah. Selain penambahan jumlah kasus positif, ada empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami mengatakan, pada Senin (19/10/2020) terdapat tambahan sembilan kasus konfirmasi positif Covid-19 baru.

“Hari ini ada sembilan tambahan kasus baru. Selain itu, ada enam pasien dinyatakan sembuh. Dan tiga orang meninggal dunia,” kata Rustami, Senin (19/10).

Dia menjelaskan, sejak April hingga 19 Oktober 2020, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Ketapang berjumlah 127 orang. 106 orang dinyatakan sembuh, 17 lainnya menjalani isolasi di fasilitas BSM dan isolasi mandiri.

“Kemudian ada empat orang pasien Covid-19 meninggal dunia. Sebagian dari mereka meninggal karena penyakit penyerta,” jelasnya.

Dari empat pasien yang meninggal dunia tersebut, lanjut dia, beberapa di antaranya merupakan pasien Covid-19 yang memiliki riwayat penyakit penyerta, seperti gagal ginjal.

Untuk proses pemakaman, menurut dia, ada dua pasien yang meninggal karena Covid-19 tanpa menerapkan protokol Covid oleh pihak keluarga. Ada dua warga meninggal dunia yang terkonfirmasi Covid-19 tapi tidak dilakukan penanganan sesuai protokol Covid-19.

“Oleh karena itu, kami sampaikan kepada masyarakat yang ada kontak erat saat pemakaman jenazah untuk melakukan tes swab guna memastikan tertular atau tidak,” serunya.

Ia menuturkan, dalam memerangi virus mematikan itu harus dilakukan bersama-sama dan terus-menerus. Semua bisa diperangi jika seluruh masyarakat berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kita semua mengharapkan pandemi ini segera berakhir.,” harapnya.

Rustami menegaskan diperlukan komitmen seluruh elemen masyarakat untuk patuh kepada peraturan dan penerapan protokol kesehatan,. (Adv/Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.