Wujud Empati Sesama, Karyawan WHW Bergerak Kumpulkan Zakat dan Infaq Bantu Warga Kendawangan

DSC06604
Penyerahan zakat dan infaq karyawan secara simbolis diserahkan oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman Anton Priyono kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kabupaten Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab.

KETAPANGNEWS.COM- Moment Hari Raya Idul Fitri menggerakan Karyawan PT Well Harvest Winning (WHW) Alumina Refinery untuk peduli dan berbagi ke warga yang membutuhkan di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Aksi sosial karyawan yakni dengan mengumpulkan zakat fitrah dan infaq perorangan untuk disalurkan bersama-sama ke masyarakat. Aksi solidaritas ini berhasil mengumpulkan zakat fitrah dan infaq karyawan sebanyak 1.440 kilogram (kg) beras yang terbagi dalam 428 paket zakat fitrah dan 51 paket beras infaq karyawan dalam kemasan masing-masing 3 kg.

Penyerahan zakat dan infaq karyawan secara simbolis diserahkan oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman Anton Priyono kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kabupaten Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab, yang disaksikan oleh Manajer Corporate Soscial Responsibility Mujiati, Ketua Satuan Tugas (SatGas) Covid-19 PT WHW Seno Ario Wibowo, Camat Kendawangan Eldy Yanto, Waka Polsek Kendawangan Iptu Rudi, Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) PT WHW Aliman, kepala desa, dan kepala dusun di Kendawangan, pada Jumat (22/05).

General Manager Site PT WHW, Dev Herinda mengatakan inisiatif pengumpulan zakat fitrah ini datang dari lubuk hati para karyawan WHW. Mereka terdorong untuk berbakti ke sesama dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Seluruh zakat fitrah dan infak telah disalurkan ke Warga Kendawangan yang berhak melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman.

”Zakat amanah berat dan harus sampai tepat waktu dan tepat sasaran. Oleh karena itu, kami dibantu DKM Baiturrahman bergerak cepat menyalurkan ke warga yang berhak menerima bantuan,” kata Dev Herinda.

PT WHW membangun Masjid Baiturrahman sebagai sarana beribadah untuk digunakan seluruh karyawan beragama islam di lingkungan site PT WHW. Masjid yang mampu menampung ratusan jamaah ini memiliki Dewan Kemakmuran Masjid untuk menggerakan karyawan berbuat baik terhadap sesama. Setiap momen hari besar keagamaan melalui DKM selalu dilaksanakan aksi solidaritas dan kebersamaan untuk membantu warga sekitar.

Menurut Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman (DKM) PT WHW, Anton Priyono, dari pengumpulan zakat fitrah yang dilaksanakan selama dua pekan, terdaftar sebanyak 428 orang wajib zakat yang menyerahkan zakat fitrahnya. Mereka ada juga yang menambahkannya dengan infaq dan sadaqah.

“Alhamdulillah pada 22 Mei 2020 seluruh zakat fitrah karyawan PT WHW telah diserahkan kepada yang berhak melalui panitia zakat yang ada di masing-masing dusun,” kata Anton Priyono.

Camat Kendawangan Eldy Yanto mengatakan aksi kebersamaan yang digerakan Manajemen PT WHW adalah hal baik sebagai wujud nyata kepedulian untuk masyarakat sekitar. Aksi solidaritas seperti ini perlu menjadi contoh bagi perusahaan lainnya di Kecamatan Kendawangan untuk peduli dan berbagi pada masyarakat sekitar.

“Saya beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan serta Danlanal Kabupaten Ketapang di Kecamatan Kendawangan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya berharap aksi ini secara terus menerus dapat dilakukan oleh pihak WHW karena sangat membantu warga yang berpenghasilan rendah dan kurang mampu,” ujar Eldy Yanto. ( Jay ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.