PT HKI Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan COVID-19

Semua Harus Sehat dan Selamat

4
Sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di desa-desa sekitar konsesi IUPHHK-HTI PT HKI.

KETAPANGNEWS.COM- Sejak virus corona atau saat ini dikenal dengan COVID – 19 mulai menyebar dan akhirnya masuk ke Indonesia, Manajemen PT. Hutan Ketapang Industri (PT. HKI) sudah langsung melakukan tindakan dan langkah penting untuk menangani virus berbahaya ini. Seluruh elemen perusahaan segera bergerak dan melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja PT. HKI.

Manajemen PT. HKI langsung turun tangan dan membentuk Emergency Response Team COVID-19 (ERT COVID-19) sebagai tim reaksi cepat dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di seluruh lingkungan areal kerja termasuk juga penyampaian sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di desa-desa sekitar konsesi IUPHHK-HTI PT HKI.

Manajemen PT HKI menginstruksikan kepada pimpinan di site dan ERT COVID-19 agar dapat segera membuat skema pencegahan dan penanganan yang sistematis, terukur dan sesuai standar prosedur kesehatan pemerintah yang mengacu pada standar WHO.

5-1
Sosialisasi selebaran cegah Covid-19 kepada masyarakat yang tinggal di disekitar Konsensi PT HKI.

Tim harus memastikan bahwa seluruh karyawan tidak lalai dan mengabaikan ancaman yang dapat mematikan dari virus ini. ERT COVID-19 juga memiliki tanggung jawab untuk kepada masyarakat yang berada di sekitar konsesi agar dapat secepatnya memberikan sosialisasi dan pengetahuan tentang langkah-langkah pencegahan dan penanganan COVID-19.

Pencegahan penyebaran COVID-19 yang dilakukan perusahaan dimulai dari lingkungan kerja dengan melakukan sterilisasi ruangan kerja (deep cleaning) yang dilakukan minimal 1 hari 1 kali, yang intensitasnya dapat diperbanyak sesuai keperluan.

Perusahaan juga mengeluarkan beberapa kebijakan internal di antaranya dengan melarang masuknya orang asing ke dalam konsesi, pembatasan karyawan keluar masuk wilayah konsesi, dan juga penerapan physical distancing di lingkungan kerja. Bagi karyawan yang kembali dari tugas/cuti ataupun melewati daerah endemik COVID-19 maka karyawan yang bersangkutan akan diperiksa oleh tim medis dan selama 14 hari masuk dalam pengawasan dokter di rumah isolasi yang sudah disediakan.

1
Warga menerima selebaran pencegahan Covid-19 dalam Sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di desa-desa sekitar konsesi IUPHHK-HTI PT HKI.

PT. HKI juga telah melakukan sosialisasi langsung dari rumah ke rumah kepada masyarakat di desa-desa sekitar konsesi dan juga telah memberikan selebaran dan memasang poster atau eaflet di tempat-tempat strategis agar mudah dibaca oleh masyarakat tentang pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 ini.

Tidak hanya menyampaikan himbauan dan selebaran, tim juga memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar kesehatan WHO.

Masyarakat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini karena dapat dilakukan dari rumah ke rumah, dan mereka juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT. HKI yang telah menyampaikan informasi dan bahayanya wabah COVID-19 ini kepada seluruh lapisan masyarakat desa.

“Kami sangat berterima kasih kepada HKI, karena peduli dengan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan karena informasi dan pengetahuan untuk mencegah dan menanggulangi virus ini sangat penting bagi kami yang awam ini” ungkap Ketua DAD Kecamatan Kendawangan Thomas Lukas.

Di tempat lain, Suhardi salah satu tokoh pemuda di desa Pangkalan Batu menyampaikan, semoga sosialisasi dan selebaran yang disampaikan oleh PT HKI dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat dan semakin sadar atas bahayanya virus ini serta membiasakan hidup bersih.

Upaya tersebut masih sebagian yang dilakukan oleh ERT COVID-19 PT HKI, karena masih banyak hal lain yang akan dan perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19, baik di dalam kawasan konsesi maupun masyarakat di desa-desa sekitar.

PT HKI masih akan terus berusaha ikut serta membantu pemerintah dan atau pihak lain dalam melawan virus COVID-19 ini. Semoga kejadian luar biasa ini dapat segera berlalu dan kehidupan dapat kembali normal seperti sedia kala.( Jay/Adv).

Leave a Reply

Your email address will not be published.