Bupati Imbau Pelaku Usaha Pasar Tidak Menimbun Stok dan Menaikan Harga

Bupati1-768x1077-1
Bupati Ketapang, Martin Rantan,SH,M,Sos,

KETAPANGNEWS.COM– Terkait pembelian dan penjualan barang pokok ditengah-tengah mengantisipasi mewabahnya virus corona, Bupati Ketapang, Martin Rantan,SH,M,Sos, mengimbau melalui surat edaran tertanggal 17 Maret 2020 kepada distributor barang kebutuhan pokok dan pelaku usaha pasar.

Dalam imbauan melalui surat edarannya bernomor 750/0687/EKBANG-A, tentang pembelian dan penjualan barang kebutuhan pokok secara bijak dan wajar, Bupati menyampaikan, untuk melakukan tindakan persuasif secara efektif, terukur dan tidak berlebihan kepada masyarakat untuk melakukan pembelian barang kebutuhan pokok secara wajar dan tidak panik.

Pemerintah pun, menurut Bupati telah menjamin ketersedian pasokan bahan pangan di seluruh indonesia.

Selain itu, terhadap distributor barang kebutuhan pokok dan pelaku usaha pasar Bupati mengimbau dalam jaringan agen untuk tidak menimbun stok dan menaikan harga secara tidak wajar.

Dimana, Bupati menegaskan, harga acuan komoditas yang ditetapkan Menteri Perdagangan dapat dijadikan salah satu landasan dalam menilai tingkat kewajaran harga.

Lebih lanjut, Bupati juga menyerukan agar pihak Pemda untuk melakukan inspeksi ke kios atau lapak serta pergudangan dalam kawasan pasar untuk memastikan kewajaran harga dan ketersedian stok yang terjual.

Dalam melakukan inspeksi ini, disampaikannya pihak Pemda untuk bisa bekerjasama dengan aparat kepolisian guna penerapan surat edaran yang telah dikeluarkan untuk menekan ketidak wajaran kenaikan harga, gangguan distribusi, dan kekurangan stok serta penimbunan.( Adv/Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.