Penuhi Kebutuhan Makan 700 Napi, Lapas Ketapang Harus Utang

Lapas Over Kapasitas
Over Kapasitas Lapas – Ilustrasi

KETAPANGNEWS.COM – Over kapasitas warga binaan di Lapas Kelas II B Kabupaten Ketapang masih menjadi kendala cukup sulit diatasi. Bahkan, kelebihan tersebut telah berdampak pada tidak cukupnya ketersedian anggaran dalam setiap tahun.

Kepala Lapas Ketapang, Isnawan menyebut, banyak persoalan dihadapi seluruh Lapas di Indonesia yang perlu diketahui dan dicarikan solusi bersama. Khususus di Ketapang adalah over kapasitas, sehingga menambah beban pada pembiayaan makan narapidana.

“Anggaran pertahun untuk Lapas Ketapang secara keseluruhan dari APBN kurang lebih lima miliar. Angka itu tentu tidak mencukupi kebutuhan, karena sudah mencakup operasional, makan narapidana dan lainnya,” kata Isnawan saat diwawancara awak media dalam acara Media Gathering, Kamis (27/2).

Mengenai biaya makan narapidana, menurut dia dianggarkan senilai Rp21 ribu perhari. Namun demikian, angka tersebut hanya mampu membiayai sekitar 500 napi, sedangkan saat ini Lapas Ketapang menampung 700 lebih warga binaan.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan makan 700 lebih narapidana, ia mengaku terpaksa harus utang terlebih dahulu guna memenuhi standar makan sesuai ketentuan.

“Dalam setiap hari pernapi dianggarakan Rp21 ribu untuk tiga kali makan. Itu sudah termasuk pajak dan sebagainya. Pada bulan September, Oktober, November dan Desember 2019 kita utang,” ungkapnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.