Dishub Usulkan Penambahan Jembatan Timbang

Joko Prastowo
Kepala Dinas Perhubungan Ketapang, Joko Prastowo.

KETAPANGNEWS.COM—Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang melalui Dinas Perhubungan mengusulkan penambahan pembangunan Jembatan Timbang di Kabupaten Ketapang kepada Balai Pelayanan Transportasi Darat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Usulan pembangunan wacananya  di lintasan Jalan Pelang – Tumbang Titi dan Pelang – Kendawangan. Dari hasil rapat, Balai Pelayanan Transportasi Darat Kalbar telah merespon positif pengajuan Dishub Ketapang.

Kepala Dinas Perhubungan Ketapang, Joko Prastowo mengatakan, jembatan timbang di Ketapang hanya satu, tepatnya di Jalan Ketapang – Siduk. Menurutnya memang perlu dilakukan penambahan terutama di Jalan Pelang – Tumbang Titi.

“Sekarang jembatan timbang Siduk milik Provinsi sudah diaktifkan. Pada rapat kemarin kita juga mengajukan pembangunan jembatan timbang, tanggapan mereka akan segera dibangun,” kata Joko, Jum’at (8/11).

Dia menjelaskan, rencana tersebut disampaikan pihaknya dalam rapat. Sebagai tindaklanjut, Dishub akan membuat surat resmi untuk pengajuan kepada Dishub Provinsi, karena semuanya terkait dengan anggaran.

“Arahan mereka (balai transportasi darat) dianggarkan dari APBD Kabupaten. Tapi kemampuan anggaran kita terbatas, yang jelas kita berupaya pemerintah pusat dapat membantu,” jelasnya.

Ia berharap, penambahan jemabatan timbang di Ketapang segera dibangun, sehingga dapat membantu pemeliharaan jalan. Dia mengaku, hanya dengan jembatan timbang bisa mengetahui tonase muatan.

“Jalan kita standarnya Kabupaten, dengan adanya jembatan timbang maka bisa mengetahui tonase muatan jasa angkutan. Dampaknya akan mengurangi kerusakan jalan,” lanjutnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.