Pasundan Ketapang Tampilkan Calung Dalam HUT S4 dan PMB Kalbar

Pasundan Ketapang
Penampilan calung oleh Paguyuban Pasundan Ketapang dalam HUT ke -60 S4 dan PMB Kalbar.

KETAPANGNEWS.COM—Paguyuban Pasundan Jawa Barat (S4) dan Paguyuban Masyarakat Banten (PMB) Kalimantan Barat (Kalbar) menyelenggarakan peringatan HUT nya ke-60 sekaligus Halal Bihalal, Minggu (7/7), di Makodam XII/Tpr, Kubu Raya.

Dalam peringatan HUT yang dihadiri seluruh Paguyuban Pasundan Kabupaten/Kota di Kalbar itu, juga dirangkai dengan berbagai kegiatan. Diantaranya jalan sehat, senam, sunatan massal, donor darah, tausiah agama dan pagelaran seni khas Jawa Barat.

Khusus pagelaran seni, sebagai bentuk partisifasi dan ikut memeriahkan acara, Paguyuban Pasundan Kabupaten Ketapang menampilkan kesenian Sunda berupa calung.

Ketua Paguyuban Pasundan Ketapang, Wahyudin menyebutkan, keikutsertaan pihaknya pada HUT 60 S4 dan PMB Kalbar merupakan wujud kecintaan terhadap suku Sunda. Terlebih momentum tersebut sebagai wadah memperereat persaudaaan sesama perantau.

“Banyak manfaat dalam kegiatan ini bagi warga Kalbar khususnya warga pasundan yang ada di kalbar. Dengan kegiatan ini rasa persaudaraan sesama perantau akan terjalin erat,” kata Wahyudin, Selasa (9/7).

“Kita paguyuban pasundan Ketapang juga merasa senang dan bahagia karena dilibatkan dalam memeriahkan acara yakni penampilan calung. Waluupun jarak cukup jauh namun dengan semangat kami dapat berpartisipasi,” timpal dia.

Kedepan, ia berkeyakinan bahwa kegiatan serupa dapat dilaksanakan pihaknya di Ketapang, dengan tujuan untuk menggali potensi dan bakat. Baik pada bidang seni maupun kemampuan lain yang harus dilestarikan, sehingga dapat mewarnai khazanah budaya di Kalbar.

“Saya yakin Pemerintah Daerah akan mendukung dan mensuport kegiatan-kegiatan yang memiliki unsur pelestarian budaya semua suku, khususnya di Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.