Besok, Jokowi Resmikan PLTU Sukabangun

Berkafasitas 2 × 10 Mega Watt

IMG-20170317-WA0012
Manager Unit Pembangunan Pembangkit dan Jaringan Kalimantan, Bagian Barat IV Kabupaten Ketapang, Riski Aptarianto mengecek persiapan.

KETAPANGNEWS.COM—Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ketapang berkafasitas 2×10 MW di Desa Sukabangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan, besok (18/3) akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesi (RI), Joko Widodo melalui Video Conference.

Manager Unit Pembangunan Pembangkit dan Jaringan Kalimantan, Bagian Barat IV Kabupaten Ketapang, Riski Aptarianto mengatakan, perermian PLTU Ketapang melalui Video Conference seiring dengan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat yang dipusatkan di Pontianak.

“Salah satu proyek yang akan diresmikan Presidan Joko Widodo adalah PLTU Ketapang melalui video. Jadi, besok (18/3) akan dibuka secara resmi oleh presiden,” Kata Riski Aptarianto kepada Ketapangnews.com, Jum’at (17/3) sore.

Selain peresmian oleh Presiden, di Ketapang sendiri akan ada acara khusus. Diantaranya, penyambutan Bupati, sambutan Bupati, penanaman pohon dan pengguntingan pita oleh Bupati. Untuk Bupati sudah dikonfirmasi dan akan hadir.

“Yang di undang diantaranya, Bupati, Wakil Bupati, Dandim 1203, Kapolres, Ketua DPRD, Sekda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta seluruh jajaran Forkopimda dan jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Ketapang,” papar dia.

Mengenai persiapan, diakuinya sudah rampung. Dipastikan kegiatan besok tidak ada kendala dan lancar. Terlebih Video sudah dilakukan uji coba dan sudah bisa tersambung ke Pontianak.

“Mudah-mudahan besok tidak ada kendala lagi. Karena hari ini saya pastikan semuanya harus siap,” jelasnya.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan diresmikannya PLTU oleh Presiden dan dihadiri Bupati beserja unsur lainnya, PLTU bisa memberikan manfaat dan damfak positif bagi masyarakat Ketapang. Terutama terkait dengan ketersediaan pasokan listrik.

“Jadi dengan adanya PLTU ini, kecukupan daya sudah bisa terpenuhi. Sehingga tidak ada lagi kekurangan pasokan daya,” tutup dia.

IMG-20170317-WA0011
PLTU yang akan diresmikan presiden Jokowi

Sementara itu, Manager PLN Area Ketapang, Sumarsono menambahkan, kegiatan akan dilaksanakan besok Sabtu (18/3) merupakan kerjasama antara PLN UPP Kalimantan Bagian Barat IV dengan PLN Area Ketapang.

“Proyek ini sebenarnya punya UPP Kalimantan Bagian Barat IV. Akan tetapi sudah diserahkan ke PLN Kalbar karena yang mengoperasikan Area Ketapang,” ujar Sumarsono.

Selain itu, ia juga menambahkan besok akan ada juga acara PLN peduli dengan membagikan 500 paket sembako kepada warga sekitar PLTU. Namun besok akan diberikan kepada 10 orang secara simbolis.

“Secara simbolis, besok akan diberikan kepada 10 orang. Sisanya akan kita atur jadwal minggu depan,” timpalnya.

Ia juga berharap, mudah-mudahan besok semuanya lancar, sinyal bagus dan suara Video Conference jernih. “Kalau yang disini semua sudah siap, termasuk acara penyambutan dan pengguntingan pita oleh Bupati juga sudah siap,” ucapnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.