Puluhan Anak Di Ketapang Jadi Korban Pencabulan

Berikan komentar, pendapat dan saran anda penting atau tidak KPAID di bentuk. Saran dan pendapat bisa dikirim ke FB Ketapangnews.com melalui inbox. Setiap komentar, pendapat dan saran anda akan di tayangkan Redaksi ke Portal Ketapangnews.com jika layak tayang.

ilustrasi-kekerasan-seksual
Ilustrasi

KETAPANGNEWS.COM—Kasus anak berhadapan dengan hukum (ABH) di Ketapang sudah sangat memprihatinkan. Selain menjadi korban banyak juga anak jadi pelaku kejahatan. Kasus ABH di Ketapang yang cukup banyak di antaranya anak jadi korban asusila atau pencabulan.

Berdasarkan data Mapolres Ketapang sejak Januari hingga Oktober 2016 ada sekitar 21 kasus ABH di Ketapang. Sekitar 18 di antaranya merupakan kasus pencabulan atau persetubuhan yang korbannya adalah anak-anak dibawah umur.

Sedangkan sejak Januari hingga Oktober 2015 ada 26 anak bawah umur khusus menjadi korban pencabulan. Kemudian berdasarkan data Pendamping ABH Ketapang, Hartati pada 2015 sedikitnya 38 ABH di Ketapang.

Menurutnya khusus kasus pelecehan seksual yang melibatkan anak ada 13 kasus sejak Januari hingga awal November 2015. Di antara semua ABH di ketapang pada 2015 tersebut tiga di antaranya merupakan pelaku kejahatan.

Banyaknya kasus tersebut membuat banyak pihak prihatin baik di Ketapang bahkan ,luar Ketapang merasa prihatin. Di antaranya mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menyikapinya serius persoalan tersebut.

gambar-3
Ilustrasi

Beberapa kalangan mendesak agar Pemkab Ketapang segera membentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAID) di Ketapang. Di antaranya Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAMMI) Ketapang dan beberapa tokoh msyarakat.

Kemudian Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus serta Fraksi Partai Hati Nuari Rakyat (Hanura) dan Fraksi Partai Nasdem di DPRD Ketapang. Tujuan wadah ini untuk pendampingan dan perlindungan ABH selama proses hukum, pemulihan korban dan lain-lain.

Lantaran ABH juga harus mendapatkan kesempatan memiliki masa depan lebih baik. Kemudian hal paling peting terbentuknya KPAID tersebut untuk memaksimalkan upaya pencegahan agar kedepan anak di Ketapang tidak lagi menjadi korban atau pelaku kejahatan.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Ketapang, Didit Haryadi juga berharap di ketapang dibentuk KPAID. Sehingga penanganan terhadap ABH bisa dilakukan bersama-sama tak hanya pihaknya.

KPAID Kalimantan Barat juga mendesak Pemkab Ketapang segera membetuk KPAID. Terlebih Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat telah memberikan Surat Rekomendasi agar Pemkab Ketapang segera membentuk KPAID.

gambar-2
Ilustrasi

Namun hingga saat ini KPAID di Ketapang belum terbentuk. Melihat banyaknya kasus ABH khususnya pelecehan seksual di Ketapang. Ketapangnesw.com berharap pendapat masyarakat apakah pembentukan KPAID di Ketapang diperlukan atau tidak?.

Ketapangnesw.com juga berharap saran dan pendapat seluruh masyarakat khususnya Ketapang demi mengatasi persoalan anak ini. Saran dan pendapat diharapkan disampaikan di link facebook Ketapangnews.com dengan memberikan komentar di inbox.

Pertama komentar tentang penting atau tidak KPAID di bentuk serta berikan alasannya. Kemudian, saran dan pendapat lainnya juga dibutuhkan. Seperti solusi mengatasi agar kekerasan terhadap anak tidak terjadi di Ketapang.

Ini kami laksanakan guna bisa dibaca semua masyarakat, Khususnya Ketapang yang hari ini banyak mengalami kasus-kasus kekerasan terhadap anak.

Semoga semua yang berpartisipasi menyampaikan saran dan pendapat. Dampaknya bisa bermanfaat dan persoalan ABH terutama kasus pelecehan seksual yang sudah banyak menimpa anak Ketapang tidak terjadi lagi nantinya.(absa)

One Response to "Puluhan Anak Di Ketapang Jadi Korban Pencabulan"

  1. Susi Lianti   23 October, 2016 at 2:04 am

    Sangat penting KPAID di ketapang di bentuk, Alasannya agar anak anak di ketapang bisa terlindungi dari hal yang tidak di ingginkan salah satu nya seperti pencabulan dan lain lain…
    Dari kasus di atas sudah banyak sekali kekerasan dan pelecehan seksual pada anak. Semoga saja KPAID ketapang segera terbentuk demi mengatasi kekerasan pada anak. agar anak – anak di kabupaten ketapang bisa
    merasa aman dan terlindungi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.