KPAI Pusat Rekomendasikan Pemda Bentuk KPAID

"Kita harap Pemda secepatnya membentuk KPAID, apalagi sudah ada surat rekomendasi dari KPAI pusat ditujukan ke Bupati dan ditembuskan ke Gubernur Kalbar serta KPAID Kalbar dengan isi surat agar segera dibentuk KPAID atas dasar banyaknya kasus menimpa anak terjadi di Ketapang,” ujar Alik R Rosyad.

ilustrasi-kekerasan-terhadap-anak
Ilustrasi

KETAPANGNEWS.COM—Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang agar segera membetuk KPAID. Desakan pembentukan KPAID dari Provinsi tersebut disebabkan adanya rekomendasi dari KPAI Pusat berupa surat yang dikirim satu bulan lalu.

Ketua Pokja Data dan Informasi KPAID Kalbar, Alik R Rosyad saat di konfirmasi, Kamis (20/10) membenarkan sudah ada surat rekomendasi dari KPAI Pusat perihal agar Pemda Ketapang segera membentuk KPAID di yang ditujukan langsung kepada Bupati Martin Rantan. Surat rekomendasi dikirim KPAI Pusat pada tanggal 21 September yang lalu.

Surat rekomendasi dikirim atas dasar maraknya kasus anak berhadapan dengan hukum di ketapang yang menjadi korban kekeresan seksual. Saat ini, kasus kekeresan seksual terhadap anak terus terjadi dan membuat banyak kalangan diluar Ketapang merasa prihatin.

“Kita harap Pemda secepatnya membentuk KPAID, apalagi sudah ada surat rekomendasi dari KPAI pusat ditujukan ke Bupati dan ditembuskan ke Gubernur Kalbar serta KPAID Kalbar dengan isi surat agar segera dibentuk KPAID atas dasar banyaknya kasus menimpa anak terjadi di Ketapang,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan KPAID di Ketapang sendiri akan sangat membantu para korban anak. Sebab, luas wilayah Ketapang yang luas juga menjadi kendala pihak KPAID Provinsi dalam menjalankan tugasnya, sehingga keberadaan KPAID di Ketapang sendiri akan dapat lebih efektif, efesien dan lebih cepat memberikan penanganan terhadap korban anak.

Dari aspek hukum, KPAID Ketapang kelak dapat lebih cepat mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan serta mengawasi proses hukum agar berjalan secara benar. Kemudian peran paling penting KPAID sendiri bagaiaman melakukan penanangan berkaitan dengan psikologis anak pasca kejadian dan penangananan berkaitan pendidikan dan hak anak yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Kalau KPAID di Ketapang terbentuk tentu semua akan mudah dijalankan. Untuk hal-hal yang berkenaan mengenai pendirian dan pembentukan KPAID kami dari Provinsi siap memberikan pendampingan,” tegasnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.