Dewan Nilai Kinerja PLN Ketapang Buruk

Lilin - Net
Ilustrasi – Net

KETAPANGNEWS.COM—Dua pekan terakhir di Kabupaten Ketapang kerap terjadi pemadaman listrik secara bergilir. Kondisi demikian membuat masyarakat gerah, bahkan mereka menilai pelayanan PLN Ketapang semakin memburuk.

Salah satu warga Ketapang, Adhi (30) mengaku kecewa terhadap pelayanan PLN UP3 Ketapang. Pasalnya pemadaman masih terus terjadi yang terkadang diluar jadwal pemadaman.

“Kalau dikota Ketapang tiap hari padamnya. Ditempat saya sepekan bisa berapa kali padam, itupun waktunya kadang tidak sesuai jadwal dari PLN,” kesal Adhi, Minggu (1/12).

Lebih parahnya, pemadaman biasa terjadi beberapa kali dalam satu hari. Menurutnya, sebelumnya berdirinya PLTU Sukabangun, PLN Ketapang mengaku kekurangan daya. Sehingga bila PLTU berdiri hal itu teratasi.

“Ironisnya kondisi malah terbalik, keberadaan PLTU di Sukabangun seolah tak ada gunanya. Buktinya pemadaman listrik jauh lebih parah dibanding PLTU sebelum dibangun,” katanya.

Ia menambahkan, jika kondisi seperti ini terus terjadi, bukan tidak mungkin masyarakat akan gerah. Pada akhirnya melakukan aksi unjuk rasa seperti yang pernah terjadi.

Sementara itu, Anggota DPRD Ketapang, Antoni Salim menilai kinerja PLN UP3 Ketapang semakin buruk. Penilai itu disampaikannya sesuai keadaan yang setiap hari terjadi pemadaman.

“Dulu pemadaman tidak separah ini,  kalau sekarang boleh tanya ke semua masyarakat Ketapang, pasti semua mengeluhkan hal serupa terhadap pelayanan PLN,” sebut Antoni Salim.

Menurutnya, selama ini PLN UP3 Ketapang mudah melontarkan permintaan maaf jika melakukan pemadaman, namun tanpa memberikan solusi konkret atas kondisi kelistrikan yang terjadi di Ketapang.

“Kita bosan setiap pemadaman alasannya perawatan, apakah benar itu perawatan atau defisit daya, PLN harus transparan dan berani sampaikan kendalanya. Karena masyarakat bayar untuk mendapatkan pelayanan baik,” ketusnya.

Terhadap persoalan demikian, ia meminta kepada PLN Provinsi Kalbar untuk dapat melakukan evaluasi kinerja PLN UP3 Ketapang. Tujuannya agar ada keseriusan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.