55 Tahun HKN ” Generasi Sehat Indonesia Unggul “

IMG-20191209-WA0007
Pelepasan balon dalam peringatan HKN Ke 55 di halaman City Maal Ketapang oleh Staf ahli Bupati Edy Junaidi, S.Sos.didampingi Kadis Kesehatan H. Rustami SKM. M.Kes.

KETAPANGNEWS.COM-Memperingati Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke 55 Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang menyelenggarakan senam sehat bersama serta lomba di Halaman City Mall Ketapang, Minggu (8/12) pagi. Hari Kesehatan Nasioanal ke 55 ini mengangkat Tema ” Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Kegiatan ini di buka Staf ahli Bupati Edy Junaidi, S.Sos.

” Tema Hari Kesehatan Nasioanal ke 55 kali ini adalah ” Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Sebagaimana yang telah diamanatkan Presiden dalam Pelantikan kabinet Indonesia maju 2020-2024, bahwa perhatin pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia, ” kata Kepala Dinas Kesehatan H.Rustami SKM, M. Kes dalam sambutanya.

Rustami menuturkan, dalam Perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk meng-efisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri, tanpa mengurangi kualitas dan mutu

Sementara harmonisasi kepentimgan pemangkau kebijakan terkait konekttivitas antar kementerian dan lembaga lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan maslaah kesehatan.

” Tentu semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingam dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah,” katanya.

IMG-20191209-WA0008
Kepala Dinas Kesehatan H.Rustami SKM, M. Kes memberikan sambutan dalam acara HKN ke 55 .

Kepala Dinas Kesehatan H.Rustami SKM, M. Kes menekankan melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini, marilaj kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa.

Rustami berharapu, dapat berkerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden, khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah berkualitas apa yang sudah dirintis sebelumnya kita lanjutkan dan tingkatan

” Saya optimis kita dapat mewujudkan SDM unggul Indonesia maju seperti yang diharapkan Presiden dan kita semua, ” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan H.Rustami SKM, M. Kes pada kesempatan ini menyampaikan penghargaan dan pemghormatan setinggi-tingginya kepada insab kesehatan di seluruh wilayah kabupaten Ketapang, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor kabupaten Ketapang serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan generasi sehat Indonesia unggul.

Sekali lagi Kepala Dinas Kesehatan H.Rustami SKM, M. Kes berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi Negara yang maju, makmur dan sejahtera.

” Selamat Hari Kesehatan Nasional ,” ucapnya.

IPKM 2018 Bukti Nyata

IMG-20191209-WA0009
Tampak Kepala Dinas Kesehatan H.Rustami SKM, M. Kes ikut senam sehat dalam peringtan HKN ke 55.

Edy Junaidi S.Sos mewakili Bupati Ketapang dalam sambutanya menyebutkan, bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 di Kabupaten Ketapang dilaksanakan 8 Desember 2019 dalam suatu rangkaian kegiatan, adapun tema peringatan HKN tahun 2019 adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Pembangunan Kesehatan sebagai pelaksanaan amanat undang-undang dasar tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.

Ia mengafakan, pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai Indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup.

” Meningkatnya Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini. Antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal.” jelasnya.

Dikatakan Edy bahwa strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS – PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan Program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. Hal tersebut menunjukan dengan kerja bersama kita telah berhasil mempersiapkan generasi sehat untuk indonesia unggul pada tahun 2045.

“ Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia Merdeka saat bonus demografi nanti mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.” harapnya.

Mantan Kasat Pol PP ini juga berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat indonesia yang sehat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di daerah dan seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan generasi sehat untuk Indonesia Unggul,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan tiga Mobil Ambulance Baru untuk Puskesmas Riam, Puskesmas Air Upas, Puskesmas Simpang Dua, serta penyerahan sertifikat penghargaan atas partisipasi dalam akselerasi capaian SPM Bidang Kesehatan kepada Kecamatan Sungai Melayu Rayak dan penyerahan tanda penghargaan Bupati kepada tenaga kesehatan teladan yang diwakili oleh Bapak Alysius Dedi Perawat Puskesmas Hulu Sungai yang diserahkan oleh Staf Ahli Bupati yang mewakili Bupati Ketapang. (Jay/adv).

Leave a Reply

Your email address will not be published.