Upah Minimum Kabupaten Ketapang Tahun 2020 Naik

Sidang Dewan Pengupahan
Sidang Pleno pembahasan UMK dan UMSK di Aula Dinas Ketenagakerjaan Ketapang, Kamis (7/11).

KETAPANGNEWS.COM—Dewan Pengupahan Kabupaten Ketapang menyelenggarakan Sidang Pleno pembahasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan Upah Minimum Sektor Kabupaten (UMSK) tahun 2020, Kamis (7/11), di aula Dinas Ketenagakerjaan.

Untuk Upah Minimun Kabupaten (UMK) Ketapang tahun 2020 ditetapkan Rp 2.860.323. Dari angka tersebut mengalami kenaikan jika dibanding UMK Ketapang tahun 2019 yang hanya  Rp 2.636.000.

“Kita mengacu pada surat edaran dari Kementerian Ketenagakerjaan maupun surat dari Gubernur. Penetapan itu, setelah dihitung dengan perhitungan disesuaika dengan inflasi ekonomi 8,51 persen menjadi Rp 2.860.323,” kata Ketua Dewan Pengupahan Ketapang, Dersi SH.

Sebelumnya diketahui, sempat terjadi perubahan dalam jumlah nominal UMK yang telah ditetapkan oleh Dewan Pengupahan. Namun dijelaskan Dersi, hal tersebut terjadi lantaran kekeliruan dalam perhitungannya.

“Berubah itu karena ada kekeliruan dalam perhitungannya. Upah Minimum yang akan diterapkan tahun depan ini rumusnya Upah Minimum saat ini dikalikan dengan inflasi yang 8,51 persen. Kemarin kita kalikan inflasinya hanya 7 persen dan itu keliru, sehingga dirubah” jelasnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.