Pembahasan UMSK Ketapang Berlangsung Alot

Dewan Pengupahan
Pelaksanaan Sidang Pleno pembahasan UMK dan UMSK Ketapang untuk tahun 2020, Kamis (7/11).

KETAPANGNEWS.COM—Dewan Pengupahan Kabupaten Ketapang menyelenggarakan Sidang Pleno pembahasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan Upah Minimum Sektor Kabupaten (UMSK) tahun 2020, Kamis (7/11), di aula Dinas Ketenagakerjaan.

Untuk UMK Ketapang ditetapkan Rp 2.860.323. Sedangkan pembahasan UMSK terpaksa harus ditunda hingga Jum’at (8/11), pasalnya belum ada kesepakat antara Serikat Pekerja dan Asosiasi Pengusaha terkait pembahasan UMSK.

Dari Pantauan, Pleno UMSK sempat berlangsung alot. Kedua belah pihak masing-masing menyampaikan pendapat pro dan kontra soal dibahas atau tidaknya UMSK. Hingga akhirnya sidang dilanjutjan pada Jum’at (8/11) besok.

Ketua Dewan Pengupahan Ketapang, Dersi SH menjelaskan, hasil musyawarah antara perwakilan perusahaan dan serikat pekerja menjadi dasar ditetapkannya UMSK. Mengacu pada UU, bahwa UMSK harus lebih tinggi dari UMK.

“Dewan pengupahan akan mengambil keputusan setalah ada titik temu kedua belah pihak. Hari ini mungkin karena semua sudah capek, sehingga pembahasan UMSK dilanjutkan besok,” jelas Dersi.

Menyikapi keinginan perwakilan perusahaan untuk tidak membahas UMSK, menurut Dersi selama ini di Ketapang belum pernah terjadi UMSK tidak dibahas. Karenanya ia meminta agar ada niat baik pihak perusahaan menambah angka diatas UMK.

“UMSK memang harus lebih tinggi dari UMK. Namun, soal persentasi besarannya tidak diatur, semuanya tinggal tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Saya harap kedua belah pihak musyawarah secara pendekatan kekeluargaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, batas waktu pembahasan UMK dan UMSK di Ketapang berakhir sampai tanggal 8 November. Sementara untuk pengesahan pihaknya ditargetkan selesai bulan November.

“Semoga semuanya tidak berlarut-larut. Kita juga berharap bulan November UMK dan UMSK sudah dapat ditetapkan oleh Gubernur Kalimantan Barat,” tambah Kepala Dinas Ketenagakerjaan ini.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.