Udara Tercemar Asap Akibat Karhutla, PT HKI Bagikan Masker N95

6.000 Masker N95 Dibagikan Gratis

IMG-20191001-WA0014-1
Pembagian masker N95 oleh perusahaan IUPHHK-HTI PT Hutan Ketapang Industri (HKI) di perempatan Agoesdjam Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM – Pembagian masker N95 yang telah dilakukan oleh perusahaan IUPHHK-HTI PT Hutan Ketapang Industri (HKI) yang berkerja sama dengan beberapa instansi kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Ketapang merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan untuk kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 26 hingga 30 Sepetember 2019 yang dilaksanakan di Ibukota Kabupaten Ketapang dan Kecamatan Kendawangan. Tempat tersebut diambil sebagai lokasi pembagian karena memang konsesi dari PT HKI yang berada di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang.

IMG-20191001-WA0012
Poto bersama Babinkamtibmas Polres Ketapang saat Pembagian masker N95 oleh perusahaan IUPHHK-HTI PT Hutan Ketapang Industri (HKI) di Ketapang.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di pulau Kalimantan membuat kualitas udara menjadi sangat buruk hingga sampai pada ambang paling buruk untuk dihirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Pencemaran udara ini mengakibatkan banyak orang yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA. Hal ini tentu sangat meresahkan bagi masyarakat luas, tidak saja yang berada di dalam pulau Kalimantan saja namun sudah ke negara tetangga.

PT Hutan Ketapang Industri selain telah membagikan masker N95 kepada karyawannya, juga telah membagikan masker sebanyak 6.000 masker langsung kepada masyarakat di Kabupaten Katapang dan Kecamatan Kendawangan.

IMG-20190927-WA0064
Pembagian masker N95 oleh perusahaan IUPHHK-HTI PT Hutan Ketapang Industri (HKI) kepada masyarakat Kendawangan.

Menurut Direktur Operasional PT HKI Pepep Permadi, Masker N95 sangat berbeda dengan masker pada umumnya, karena masker N95 ini merupakan masker respirator anti polusi seperti asap dan polusi udara berbahaya lainnya sehingga sangat sesuai untuk keadaan seperti ini.

” PT HKI merasa sangat peduli dan sangat prihatin dengan kejadian saat ini.” ungkap Peped Permadi.

Ia mengatakan, kebakaran hutan dan lahan ini harus perlu penanganan dan perhatian dari kita semua baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, agar kejadian yang sama tidak berulang setiap tahunnya.

” Tak hanya itu saja seluruh lapisan masyarakat harus sadar dan peduli bahwa kejadian kebakaran hutan dan lahan sangat merugikan seluruh masyarakat” tegas Pepep Permadi.

Pembagian masker ini melibatkan unsur penting dalam lingkup sosial kemasyarakatan seperti Instansi Pemerintah, pihak Kepolisian, Manggala Agni, Sekolah-Sekolah dan kelompok Pemuda. Untuk di Ketapang masker N95 sebanyak 320 pcs telah dibagikan antara lain ke di Dinas Lingkungan Hidup yang diterima langsung oleh Ir Razanah, M.Si selaku Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup.

Masker juga dibagikan ke sekolah-sekolah di Ketapang antara lain; SMA Negeri 2 Ketapang (1.280 pcs), SD Negeri 02 Delta Pawan (320 pcs), SD Negeri 9 Benua Kayong (480 pcs), SD Negeri 22 Delta Pawan (320 pcs), SD Negeri 14 Benua Kayong (800 pcs) dan dibagikan di simpang empat Agoes Jam bersama Binmas Polres Ketapang (1.440 pcs).

“ Kami sampaikan terima kasih karena PT HKI peduli dengan bencana asap akibat karhutla ini, sehingga setidaknya masker ini meringankan masyarakat akibat pekatnya asap ini” imbuh Ir Razanah, M.Si Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup.

IMG_20190927_105716
Pembagian masker N95 oleh perusahaan IUPHHK-HTI PT Hutan Ketapang Industri (HKI) kepada masyarakat dan pelajar di Kecamatan Kendawangan.

Sedangkan di kecamatan Kendawangan PT HKI bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Kendawangan dengan juga melibatkan Manggala Agni, DAD Kecematan dan Pramuka Kendawangan membagikan masker N95 kepada masyarakat yang melintas di jalan pusat keramaian yaitu pasar Kendawangan, tepatnya di depas pos Bhabinkamtibmas Polsek Kendawangan.

Brigadir Firman menyampaikan pembagian masker N95 yang dilakukan oleh PT HKI ini sangat bermanfaat bagi warga di Kendawangan dengan kondisi asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Kendawangan ini.

Disamping membagikan masker N95, Babinkamtibmas juga menyampaikan himbauan kepada masayarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Semua berharap tahun depat bencana ini tidak terulang lagi, dan siapapun harus benar-benar peduli terhadap lingkungan demi kelestarian alam ini. Banyak kerugian yang dialami oleh masyarakat, perusahaan dan pemerintah akibat bencana Karhutla ini, dan kedepannya langkah antisipasi dan perencanaan penanganan lebih efektif lagi sehingga kebakaran tidak terjadi di hutan dan lahan di seluruh tanah air ini.(Jay/Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.