Progres Pekerjaan Jalan Pelang – Batu Tajam Baru 30 Persen

Pelaksana Proyek Diminta Utamakan Kualitas

Jalan Pelang - Batu Tajam
Bupati Ketapang, Martin Rantan ketika melouncing pekerjaan jalan Pelang – Batu Tajam, Juli 2019 kemarin. (Dok: Humas Pemkab Ketapang).

KETAPANGNEWS.COM—Tahun 2019, Pemerintah Daerah (Pemda)  Ketapang menggelontorkan Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp58 Miliar lebih untuk perbaikan infrastruktur jalan Pelang – Batu Tajam. Sebelumnya, pada tahun 2017 dan 2018 juga dianggarakan puluhan miliar.

Dengan menguras Rp58 Miliar APBD, pengerjaan proyek oleh PT Marga Mulia ini menjadi proyek terbesar tahun 2019. Bahkan awal pelaksanaan pembangunan di launching langsung Bupati Ketapang, Martin Rantan, Juli 2019 kemarin.

Besarnya pagu dana terhadap maga proyek tersebut, pelaksana diminta bekerja maksimal dengan mengedepankan kualitas fisik jalan. Hal itu seperti disampaikan Anggota DPRD Ketapang asal Dapil VI, H Mathoji.

“Nilai proyek puluhan miliar dari APBD tidak kecil. Pemerintah tentu berharap jalan yang dibangun memiliki kualitas baik. Makanya pelaksana harus bekerja maksimal,” pinta Mathoji, Selasa (15/10).

Mathoji mengatakan, pembangunan jalan Pelang – Batu Tajam yang sedang tahap pengerjaan merupakan proyek terbesar tahun 2019. Pemerintah, setiap tahun selalu menganggarkan untuk perbaikan secara keseluruhan.

“Sakali lagi, kita harap dikerjakan maksimal sesuai batas waktu pekerjaan. Dengan demikian, penganggaran untuk pembangunan jalan itu dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata dia.

Pada dasarnya, lanjut dia, DPRD mendukung semua program pembangunan pemerintah eksekutif. Teruma infrastruktur jalan Pelang – Batu Tajam yang menjadi salah satu program prioritas.

“Kita tahu itu jalan penghubung antara kota dengan berbagai Kecamatan perhuluan. Sebab itu DPRD ikut menyetujui anggarannya. Jadi tidak salah kiranya jika kita  berharap jalan itu berkualitas,” timpal Politisi Gerindra ini.

Ia menambahkan, kepada masyarakat Ketapang, kususnya di Matan Hilir Selatan dan Sungai Rayak memberikan dukungan pada program pembanguan pemerintah. Kemudian juga mensupport kontraktor pelaksana agar pekerjaanya berjalan lancar.

“Mari kita dukung dan kawal bersama pembangunan di Kabupaten Ketapang. Semoga pengerjaan jalan Pelang – Batu Tajam berjalan lancar dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya.

Sementara, Operasional PT Marga Mulia, Kiryono mengatakan, pengerjaan proyek jalan Pelang – Batu Tajam terus berjalan dan tidak terdapat kendala dalam pelaksanaan.

“Sekarang jalan terus, dan tidak ada kendala. Progres pekerjaan dari awal mulai sampai saat ini sudah hampir 30 persen,” katas Kiryono saat diwawancara media, Minggu (13/10) kemarin.

Soal struktur dasar tanah gambut, diakuinya juga tidak ada masalah. Menurutnya, dasar atau pondasi pembangunan jalan juga sudah kuat dan keras.

“Insyaallah sampai batas akhir waktu pekerjaan sudah clear. Kita akan usahakan mencapai tergat,” ujarnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.