Diduga Tersengat Listrik, Karyawan PT HSL Meninggal

Olah TKP
Polsek Manis Mata bersama warga mendatangi lokasi kejadian, Minggu (20/10)

KETAPANGNEWS.COM – Karyawan PT Harapan Sawit Lestari (HSL) Cargill Group, Lukman (43) dikabarkan meninggal dunia, Minggu (20/10), di Dusun Bagan Kusik, Desa Asam Besar, Kecamatan Manis Mata.

Lukman meninggal diduga akibat tersengat aliran listrik saat melakukan panen buah kelapa sawit. Bahkan, di lokasi kejadian tangan korban masih memegang enggrek (alat pemanen) yang tersangkut di kabel aliran PLN.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Ketapang, AKBP Yuri Nurhidayat melalui Kapolsek Manis Mata, AKP Yafet Efraim Patabang membenarkan telah terjadi kecelakaan kerja karyawan perusahaan atas nama Lukman.

Kecelakaan itu, terjadi saat korban melakukan pemanenan buah Kelapa sawit menggunakan Enggrek ukuran 10,4 meter. Jarak tempat yang dipanen dengan jalur kabel PLN sekitar tiga meter tepat dibelakangnya.

“Saat memotong buah sawit, enggrek terlempar kebelakang dan menyenggol kabel listrik PLN. Korban langsung kesetrum dan meninggal di tempat, tepatnya ditepi jalan Provinsi Ketapang – Manis Mata,” katanya, Minggu (20/10).

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran saat memotong buah sawit dan pelepahnya membelakangi jalur kabel PLN. Diduga saat pemotongan, enggrek tersenģgol pelepah sawit sehingga terlempar kebelakang. Sebab, enggrek masih dalam tangan korban menempel di kabel jalur aliran litrik PLN.

“Ketika ditemukan korban dalam posisi sujud. Kemudian para saksi membawanya ke Balai Pengobatan PT HSL. Dari hasil pemeriksaan Dokter, untuk sementara tidak ditemukan tanda kekerasan di bagian tubuh korban,” jelasnya.

Sementara, Communication PT HSL, Dewi Mayasari kepada media menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya salah satu karyawan HSL. Pihaknya juga akan membantu keluarga Lukman pada masa sulit ini.

“Perusahaan turut berbela sungkawa kepada keluarga dan rekan-rekan yang ditinggalkan. Kita akan bantu keluarganya,” ucap Dewi Mayasari, Minggu (20/10).

Terkait kecelakaan, ia mengaku saat ini sedang melakukan investigasi. Setelah ada hasil, maka akan mempelajarinya untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja mereka.

“Keselamatan dan keamanan karyawan, kontraktor, beserta keluarga merupakan hal yang terpenting bagi perusahaan,” pungkasnya.(absa)

One Response to "Diduga Tersengat Listrik, Karyawan PT HSL Meninggal"

  1. Yohanes Mulyadi   22 October, 2019 at 11:56 am

    Bahasanya masih aja menyalahkan karyawan yang lalai,, padahal dapat di ketahui sesuai fakta karyawan dalam bekerja di di lengkapi dengan APD.. Jelas kelalai pihak management perusahaan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.