PT Hutan Ketapang Industri Gelar Sholat Istisqa

Berdoa Minta Hujan

2_Istisqa
Seluruh staf PT Hutan Ketapang Industri sholat Istisqa’ bersama yang serentak dilakukan di seluruh estate Selasa (17/09).

KETAPANGNEWS.COM – Seluruh staf PT Hutan Ketapang Industri telah melakukan sholat Istisqa’ bersama yang serentak dilakukan di seluruh estate,  dimulai Selasa (17/09) mulai pukul 08.30 Wib.

Ada 10 Estate yang melakukan sholat istisqa ini yang tersebar di seluruh konsesi IUPHHK-HT PT Hutan Ketapang Industri (PT HKI). Dari setiap estate yang melakukan sholat istisqa ini ikuti oleh 45 hingga 60 orang per estate sehingga jika digabungkan ada sekitar 400 hingga 600 orang karyawan dan juga masyarakat yang melakukan sholat istisqa ini.

Kondisi cuaca yang sangat panas diikuti dengan angin yang kencang membuat banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan. Kabut asap dimana-mana dan kulitas udara menurun.

Sholat Istisqa merupakan sholat Sunah yang dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkan rahmat berupa hujan. Sholat ini dilakukan, apabila telah terjadi kemarau yang berkepanjangan atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan atau hajat tertentu.

Pepep Permadi Direktur Operasional PT HKI menyampaikan bahwa kegiatan Sholat Istisqa dan Do’a bersama ini pada intinya bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar dapat diturunkan rahmat berupa hujan, dan memohon dengan kerendahan hati kita sebagai manusia untuk memohon kepada sang pencipta dan maha segalanya untuk mensudahi bencana kebakaran hutan dan lahan ini.

“Sudah segala daya dan upaya kita lakukan untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini, hampir 24 jam dalam sehari kita siaga dan berjibaku memadamkan api yang membakar hutan yang telah kita tanam dengan tenaga dan biaya yang tak sedikit,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, patroli bersama dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan juga terus dilakukan bekerja sama dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) tingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

Dwi Tresna Rusyiansyah dalam Khotbahnya menyampaikan, bencana alam yang timbul sebagian besar adalah akibat dari ulah manusia. Kemarau panjang yang saat ini terjadi adalah fenomena perubahan iklim akibat dari efek gas rumah kaca karena manusia yang tamak menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak bersahabat dengan lingkungan.

“Marilah kita bersama-sama memohon ampun dan bertobat kepada Allah SWT Tuhan semesta alam, agar semua bencana akibat ulah kita ini segera dihilangkan, semoga Allah Yang Maha Kuasa berkenan menurunkan hujan.” ajak Dwi yang saat ini juga sebagai Pjs. Manajer HR.

Di tempat lain sholat istisqa dipimpin oleh para ustadz dan atau takmir masjid yang berada di desa atau dusun estate sekitar. Masyarakat yang ikut serta dalam sholat istisqa ini juga berharap agar hujan segera di turunkan , udara kembali bersih.

Hal ini juga diharapkan agar daerah-daerah lainnya seluruh wilayah di Indonesia yang terkena musibah kebakaran hutan dan lahan ini segera normal kembali.(Adv/Jay)

One Response to "PT Hutan Ketapang Industri Gelar Sholat Istisqa"

  1. Hartanto   19 September, 2019 at 9:28 pm

    Ya Allah, turunkanlah kepada kami air hujan yang lebat secepatnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.