PT HKI Membangun Masyarakat Sehat dan Sadar Lingkungan

Tertib Aman serta Peduli Terhadap Pencegahan dan Penanggulangan KARHUTLA

2_CSR_HS
PT HKI juga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat berupa penyuluhan dan pengobatan gratis.

KETAPANGNEWS.COM – PT Hutan Ketapang Industri (HKI) kembali melaksanakan kegiatan CSR Public Health Services seperti pada tahun sebelumnya.

Kegiatan ini merupakan kepedulian dari perusahaan yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri Karet yang berada di wilayah Kecamatan Kendawangan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam kawasan konsesi tentang budaya hidup sehat dan meningkatkan rasa kepedulian. Serta sadar atas kebersihan lingkungan, ketertiban dan keamanan desa dan dusun tempat mereka tinggal, pentingnya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

PT HKI juga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat berupa penyuluhan dan pengobatan gratis.
Dalam kegiatan ini perusahaan melibatkan peran Dokter perusahaan beserta paramedis klinik, aparat desa atau dusun dan Bhabinkamtibmas, tujuannya adalah kegiatan ini tidak hanya semata-mata memberikan pelayanan pengobatan gratis saja, namun masyarakat diberikan pemahaman melalui penyuluhan dan sosialisasi yang disampaikan dokter dan Bhabinkamtibmas yang disaksikan juga oleh para aparatur desa dan dusun.

20190920_150910
PT HKI juga memberikan pelayanan penyuluhan Kamtibmas kepada masyarakat.

Kegiatan pertama dilaksanakan di dusun Klukup Belantak dan Sukaria desa Mekar Utama, Rabu 14 Agustus 2019 dilaksanakan di Gedung SDN 09 Klukup Belantak. Tim CSR, paramedis dan Bhabinkamtibmas belum tiba. Namun masyarakat sudah ada yang menunggu lokasi.

” Lihatlah pak, masyarakat kami sudah menunggu kegiatan ini, ini menandakan masyarakat kami sangat senang dengan kegiatan yang dilaksanakan pihak HKI ( perusahaan PT HKI Red),” ungkap Mensuhin, salah satu tokoh masyarakat di Klukup Belantak.

Pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis serta penyuluhan Kamtibmas ini juga dilaksanakan 28 Agustus 2019 di desa Kedondong yang berlokasi di puskemas desa. Pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dari HKI ini dimanfaatkan 59 orang di dusun Klukup Belantak dan 96 orang di desa Kedondong. Pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang dilakukan dokter perusahaan dan dibantu oleh paramedis perusahaan berjalan lancar tanpa kendala.

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu, berperilaku hidup sehat adalah salah satu upaya untuk mencegah agar kita tidak sering sakit, karena kalau sakit biayanya mahal,” kata Anum Nailil Marom selaku dokter perusahaan di HKI saat memberikan penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup sehat kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan CSR ini.

Masyarakat khususnya orang tua yang membawa serta putra-putrinya semakin gembira karena dalam kegiatan ini HKI juga membagikan makanan tambahan bagi anak-anak dan balita berupa paket biskuit susu dan susu UHT.

Tidak hanya pelayanan pengobatan gratis semata yang diberikan oleh PT HKI, namun diawali dengan penyuluhan yang disampaikan Bhabinkamtimas Polsek Kendawangan mengenai ketertiban bermasyarakat, menjaga keamanan lingkungan, perundang-udangan dan peraturan yang diberlakukan di Indonesia hingga himbauan larangan kegiatan membakar lahan dan bahayanya jika terjadi kebakaran lahan dan hutan.

Apalagi saat ini pemerintah mulai dari daerah kabupaten atau kota, provinsi hingga pemerintah pusat gencar melarang adanya pembakaran hutan dan lahan. Hukuman yang dikenakan bagi pembakar hutan dan lahan sangat jelas diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah atau Perdirjen kehutanan lainnya.

Bhabinkamtibmas Kendawangan yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Brigadir Firman untuk di dusun Sukaria dan Mekar Utama desa Mekar Utama serta Brigadir Yasirullah untuk di desa Kedondong yang meliputi dusun Kelampai, Sei Nenas dan Air Jelemuk.

Pada saat memberikan penyuluhan, Bhabinkamtibmas mengatakan kepada masyarakat bahwa setiap ada kegaiatan CSR itu merupakan sumbangsih perusahaan demi cita-cita bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar, salah satunya adalah peningkatan kualitas kesehatan.

“Antusiasme masyarakat ini harus terus di pupuk oleh PT HKI agar masyarakat merasa dekat dan diperhatikan oleh perusahaan,” kata ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Kendawangan Thomas Lukas pada saat memberikan sambutan.

Hal senada juga disampaikan Maryanto Pj Kepala Desa Kedondong saat membuka acara ini. Tim CSR PT HKI sangat bersemangat melaksanakan kegiatan yang disambut antusias ini oleh masyarakat dan merasa kegiatan ini merupakan bentuk jembatan silaturahmi dan perhatian perusahaan kepada masyarakat di sekitar.

Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kegiatan serupa di desa-desa lain yang berada didalam kawasan konsesi IUPHHK-HTI PT Hutan Ketapang Industri. (Adv/Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.