Pimpinan DPRD Sementara Dijabat Ferbriadi

M Febriadi
Ketua DPRD Kabupaten Ketapang sementara, M Febriadi.

KETAPANGNEWS.COM—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ketapang melaksanakan rapat paripurna pengucapan sumpah/janji jabatan 45 Anggota DPRD periode 2019-2024, Senin (9/9) sore.

Selain pelantikan, untuk menjalan tugas dan funsi DPRD, dalam paripurna juga menetapkan Ketua DPRD dan satu Wakil Ketua. Jabatan itu saat ini dimandatkan kepada M Febriadi (Golkar) sebagai Ketua dan Kasdi (PDIP) Wakil Ketua.

Jabatan yang diemban dua nama tersebut diporelah atas dasar banyaknya jumlah kursi di DPRD hasil Pemilu 2019. Dimana Golkar telah mendapat 10 kursi dan PDIP tujuh kursi. Sehingga dua Partai Politik peroleh kursi terbanyak satu dan dua diamanahkan menjadi unsur pimpinan sementara.

“Sebelum ketua DPRD defenitif terbentuk, DPRD dipimpin pimpinan sementara. Pimpinan itu terdiri atas Ketua dan satu wakil ketua yang berasal dari dua Parpol peroleh kursi terbanyak pertama dan kedua,” kata Ketua DPRD sementara, M Febriadi, Senin (9/9).

Menurutnya, ketentuan  tersebut telah diaatur dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014. Dari itu, mengawali tugasnya sebagai pimpinan, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisifasi dalam pemilu 2019 lalu.

Kepada Anggota DPRD periode 2014-2019, dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas perjuangannya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Utamanya dalam upaya meweujudkan demokrasi menuju terciptanya masyarakat sejahtera.

Ia melanjutkan, untuk dapat terselenggaranya tugas pimpinan DPRD sementara sebagaimana yang diharapkan, diakuinya perlu pertisipasi dan kerjasama yang baik dari seluruh anggota DPRD periode 2019-2024 dan seluruhlapisan masyarakat ketapang.

Sesuai ketentuan Peraturan Pemeriuntah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib anggota DPRD, tepatnya pasal 34 ayat 3, selaku pimpinan sementara akan menjalankan tugas dan fungsinya.

“Tugas itu diantaranya memimpin rapat DPRD, mempasilitasi pembentukan fraksi, mempasilitasi penyusunan Raperda DPRD tentang tatib dan memproses penetapan pimpinan DPRD depenetif. Sebab itu, untuk kelancarannya perlu dukungan seluruh anggota DPRD,” ujarnya.

Mengenai terget penentuan ketua DPRD defenetif, ia berjanji sudah akan terealisi paling lama dua bulan kedepan. Terlebih ia mengaku sudah berkoordinasi dengan wakil ketua DPRD sementara tentang penyampaian parpol pemenang untuk mengirim wakilnya sebagai unsur pimpian.

“Saya targetkan paling lama dua bulan kedepan sudah ada ketua defenitif. Ada empat parpol yang jadi unsur pimpinan, yaitu Golkar sebagai ketua, PDIP, Gerindra dan Hanura sebagai wakil ketua,” ungakapnya.

Ia menambahakan, mulai Selasa (10/9) pihaknya akan mulai bekerja dan melaksanakan tugas-tugas pimpinan DPRD sementara.

“Besok atau lusa kita akan mengirim surat kepada parpol untuk mengirimkan komposisi fraksi yang ada di DPRD. Untuk hal lainnya, kita akan membentuk pansus guna merevisi tata tertib yang ada di DPRD,” pungkasnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.