Bupati Louching Desa Bersinar di Kecamatan Simpang Hulu

Bupati Martin Rantan, Asisten III Heronimus Tanam, mendapingi Kepala Dinas perhubungan Joko Prastowo menyerahkan solar cellprogram desa bersinar di dusn Botong Desa Kualan Hulu Kecamatan Simpangn Hulu
Bupati Martin Rantan, Asisten III Heronimus Tanam, mendampingi Kepala Dinas perhubungan Joko Prastowo menyerahkan solar cellprogram desa bersinar di dusn Botong Desa Kualan Hulu Kecamatan Simpangn Hulu.

KETAPANGNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ketapang akan memprogram Desa bersinar kepada 253 desa dan 9 Kelurahan  di Kabupaten Ketapang. Pelaksanaan program desa bersinar yakni pemasangan lampu penerangan jalan bertenaga surya dititik titik kumpul masyarakat desa.

Louching pertama program desa bersinar dilakukan Bupati Martin Rantan bersama OPD di lokasi di dusun botong Desa Kualan Hulu, Kecamatan Simpang hulu yang mana jarak tempuh wilayah tersebut sangat sulit berada diperbatasan dengan kabupaten Sekadau.

Setelah dilakukan laouching oleh Bupati pada Minggu (22/9) malam, dilanjutkan dengan penancapan tiang pertama Senin (23/9) dititik kumpul warga, kemudian Bupati melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi pemasangan lampu solar cell sebanyak 4 titik di desa Kualan Hulu.

Karena wilayah desa Kualan Hulu yang jaraknya cukup jauh dengan medan berbukit sehingga sangat sulit dijangkau, dan menurut laporan kepala desa dan Camat Simpang Hulu baru dijaman Bupati Martin Rantan ada kepala daerah yang berkunjung sampai diwilayah tersebut.

Bupati Martin Rantan mengatakan baru kali ini Kepala daerah Bupati dan perangkatnya datang kemari mungkin bagi masyarakat kualan hulu hal yang luar biasa.

“Tetapi bagi saya dan kepala SKPD hal yang biasa saja karena memang sejak saya menjadi Bupati sudah puluhan kali datang kedesa desa yang menempuh perjalanan sulit seperti ini karena panggilan tugas dan tanggungjawab sebagai kepala daerah bahwa tugas kami membangun Kabupaten Ketapang baik di pedalaman maupun dipesisir , “ kata Bupati Martin Rantan.

Menurutnya kalau dipesisir tidak ada lagi listrik yang belum masuk apa lagi Program Presiden Jokowi pada tahun 2019 ini 80 persen seluruh desa harus teraliri listrik.

Sementara di desa Kualan Hulu sudah ada listrik bertenaga surya bantuan dari Pemerintah Pusat, tetapi kondisinya sekarang sudah tidak menyala dikarena accunya sudah rusak, sedang untuk menggantinya memerlukan biaya kurang lebih Rp, 600 juta rupiah.

Untuk hal tersebut Bupati mengintruksikan kepada Dinas Perhubungan agar disediakan anggaran pada tahun 2020 penggantian accu listrik solar cell tersebut.

Dijelaskan Bupati kunjungan yang pertama louching desa bersinar di desa Kualan Hulu merupakan suatu program Pemerintah Daerah yakni memasang lampu solar shell ditempat titik titik kumpul disuatu desa yang mana diwaktu malam gelap.

“Kedepan program desa bersinar di desa Kualan Hulu hanya 4 titik kedepan pengandaannya bisa menggunakan dana desa untuk lebih banyak lagi,” kata Bupati.

Kepada masyarakat Bupati mengharapkan agar program desa bersinar berupa pemasangan lampu penerangan jalan umum bertenaga surya untuk terus dijaga, jika ada yang rusak laporkan kepada pengelolalnya untuk dilakukan perbaikan.

Bupati juga berpesan kepada Kades Kualan Hulu agar segera membentuk Badan usaha milik desa (Bumdes),untuk pengelolaan sumber daya alam yang ada di desa.

Selain itu Bupati menyarankan masyarakat desa Kualan Hulu selain karet sebagai penopang ekonomi keluarga, dapat juga menanam tanaman yang bisa menopang ekonomi keluarga, seperti sahang, atau jengkol, dan lain sebagainya.(Adv/Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.