81 Hektar Lahan Desa Pelang Ludes Terbakar

Karhutla
Upaya pemadaman Karhutla di Desa Pelang, MHS.

KETAPANGNEWS.COM—Kurang lebih 81 Ha lahan di Desa Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) ludes terbakar. Kebakaran muncul sejak Kamis (15/8) itu terjadi di lima titik berbeda di lokasi yang sama secara sekaligus.

Banyaknya titik kebakaran cukup merepotkan petugas menanganinya, padahal telah dibantu dua unit heli WB. Bahkan, pengguna jalan juga dihimabau tidak melintas di arah Jalan Pelang – Tumbang Titi lantaran kabut asap yang pekat.

“Jika diakumulasikan, luas lahan yang terbakar pada hari pertama sekitar 36 Ha. Hari kedua 45 Ha,  dengan total 81 Ha. Sedangkan area yang bisa dipadamkan selama dua hari berjumlah 13 Ha,” kata Kepala Daops Manggala Agni Ketapang, Rudi Windra, Sabtu (17/8).

Menurut dia, kebakaran yang terjadi  letaknya di bagian selatan jalan Pelang – Tumbang Titi, sertaan angin kencang membuat api menjalar begitu cepat hingga menyeberangi jalan.

“Asap begitu tebal dan pekat. Karena khawatir menimbulkan hal tida diinginkan, maka para pengguna jalan kami himbau untuk tidak melanjutkan perjalanan sampai asap pekat agak berkurang,” ujar Rudi Windra.

Ia menambahkan, Untuk penanganan Karhutla khusus di Desa Sungai Pelang telah dilakukan Rapat Koordinasi (Rakor)  penanganannya yang dipimpin oleh Wakil Bupati Ketapang, Suprapto S bertempat di Kodim 1203 Ketapang.

“Tujuan rakor itu diantaranya untuk menginventarisir sumber daya pengendalian karhutla, meliputi SDM dan sarpras agar upaya penanganan dapat dilakukan secara optimal, efektif dan efisien,” ungkapnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.