Setelah Pembangunan Lanal, Di Ketapang Akan Ada Kapal Perang

Panglima Armada I AL
Pangko Armada I Laksamana Muda TNI AL, Yudo Margono saat menyampaikan sambutannya pada malam ramah tamah di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (1/4) malam.

KETAPANGNEWS.COM—Panglima Komando (Pangko) Armada I Lakasamana Muda TNI Angkatan Laut, Yudo Margono melaksanakan malam ramah tamah bersama Pemerintah Derah Kabupaten Ketapang beserta masyarakat, Senin (1/4) malam di Pendopo Bupati Ketapang.

Malam ramah tamah yang diselenggarakan tersebut merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Ketapang. Yakni dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan Pangkalan TNI AL (Lanal) tipe C di Dusun Batu Begendang, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan.

Dalam sambutannya, Pangko Armada I TNI AL, Yudo Margono mengucapkan banyak terima kasih atas jamuan dan sambutan dari Pemkab Ketapang dan seluruh masyarakat.

Ia mengatakan, kedatangan pihaknya bersama rombongan ke Ketapang dalam rangka peletakan batu pertama untuk pembangunan pangkalan TNI AL tipe C pada 2 April 2019.

“Sekali lagi kita ucapkan terima kasih kepada Pemkab Ketapang, karena telah memberi izin pembanguan Lanal,” kata Yudo Margono.

Dikesempatan itu, ia menyebutkan bahwa dirinya saat ini membawahi 19 Lanal, dimana 11 Lanal bertipe B dan delapan Lanal bertipe C. Kemudian juga membawahi satu Lanal yang akan di bangun di Kabupaten Ketapang.

“Dengan dibangunnya lagi satu Lanal tipe C di Ketapang, maka lengkaplah menjadi 20 Lanal di jajaran Armada I. Dan secara keseluruhan bisa dikatan lengkap, mulai dari peralatan berupa 52 unit kapal perang, pesawat hingga Lanalnya,” papar dia.

Untuk pembanguan Lanal di Ketapang, Menurut dia, berdasarkan pertimbangan pimpinan dan para seniornya sangat strategis karena berhadapan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesi (ALKI). Dimana alur sebelah barat Ketapang tepat berada di Jalur ALKI itu sendiri.

“Semoga dengan adanya Lanal di Ketapang diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat bagi Pemkab Ketapang, khususnya masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahakn, setelah adanya Lanal, secara otomatis di Ketapang juga akan dihadirkan kapal-kapal perang. Meskipun pembangunan tahap awal pangkalan di Kendawangan belum ada dermaganya. Namun secara bertahap juga akan dibangun.

Sementara mengenai fungsi lanal lebih kepada dukungan operasional unsur KRI, pesawat dan marinir yang beroperasi diwilayahnya. Kemudian melaksanakan patroli terbatas dan melaksanakan pembinaan potensi maritim di wilayahnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.