PSU TPS 02 Lubuk Kakap Hulu Sungai Digelar 25 April

Print
Surat Suara Pemilu 2019-Net

KETAPANGNEWS.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengeluarkan surat pemberitahuan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan disejumlah Kabupaten/Kota di Kalbar.

Salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan PSU yakni Kabupaten Ketapang, tepatnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Desa Lubuk Kakap, Kecamatan Hulu Sungai yang akan digelar tanggal 25 April 2019.

Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin S Sos I mengatakan, hari ini (selasa-red) logistik untuk perlengakapan PSU sudah digeser ke TPS 02 Lubuk Kakap, yang dalam pendistribusiannya dikawal TNI dan Polri.

“Dua orang Komisioner KPU Ketapang juga sudah berangkat ke lokasi dan akan standbay hingga pemungutungan suara di TPS PSU tersebut selesai,” kata Tedi Wahyudin, Selasa (23/4).

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS PSU Lubuk Kakap, Tedi menyebutkan tetap menggunakan DPT lama yaitu berjumlah 49 orang, terdiri dari 44 laki-laki dan lima perempuan.

“DPT nya masih yang lama. Dan jenis surat suara yang diterima juga ada lima, yaitu Presiden Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” sebut dia.

Ia menjelaskan, dilakukannya PSU di TPS 02 Lubuk Kakap atas dasar adanya temuan sebanyak 17 orang luar Ketapang yang membawa e-KTP memilih di TPS itu. Berdasarkan informasi dari PPK Hulu Sungai, awalnya 17 orang tersebut ditolak oleh KPPS.

“Karena ada desakan kiri dan kanan, maka petugas KPPS mengizinkan. Padahal secara prosedur itu memang tidak diperbolehkan. Yang boleh kecuali 17 orang itu membawa A5 KPU, dan itupun hanya mendapat surat suara susuai domisili atau hanya dapat surat suara presiden saja,” jelasnya.

Atas temuan dilapangan, yang kemudian adanya rekomendasi Panwascam Hulu Sungai untuk PSU di TPS 02 Lubuk Kakap serta intruksi KPU Provinsi, maka pada Kamis (25/4) di TPS itu dilaksanakan PSU.

“Sampai sejauh ini di Ketapang hanya satu TPS yang akan dilakukan PSU. Semoga saja tidak ada lagi, sebab batas akhir untuk PSU hanya sampai tanggal 27 April,” tambahnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.