Kecamatan MHS Akan Dijadikan Sentral Produksi Padi

Panen-Raya-Padi
Pelaksanaan panen padi di Desa Pesaguan Kiri, Kecamatan MHS.

KETAPANGNEWS.COM—Hasil panen padi para petani di Kabupaten Ketapang tahun 2019, khususnya di Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) meningkat signifikan. Bahkan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Pertanian (DPPP) Ketapang akan menjadikan wilayah tersebut sebagai sentral produksi padi di Ketapang.

Salah satu petani Kecamatan MHS, Ani (48) mengaku jika rata-rata petani di Kecamatan MHS tahun ini berhasil dibanding panen sebelumnya tahun 2018 akhir.

“Tahun ini di MHS yang penduduknya rata-rata bertani mendapatkan hasil panen yang bagus. Sampai-sampai mau jual beras saja kita kesusahan cari pembeli,” ungkap dia.

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Ahmad Humaidi mengatakan, dari 20 Kecamatan se Kabupaten Ketapang, Kecamatan MHS merupakan lumbung padi.

“Lumbung padi Ketapang berada di Kecamatan MHS. Dimana sekitar 20 persen produksi padi berada disana,” kata Ahmad Humaidi, Senin (8/4) di Kantornya.

“Selain itu, di MHS secara hamparan luas tanam sangat mendukung. Sehingga cocok dijadikan sentral produksi padi di Kabupaten ketapang,” timbalnya.

Seiiring dengan luas tanam yang meningkat di Kecamatan MHS, maka secara otomatis program pemerintah untuk meningkatkan hasil panen juga akan masuk. Misalnya seperti bantuan alat panen dan lainnya.

Selain MHS, lanjut dia, beberapa Kecamatan pesisir lainnya tahun ini juga mengalami peningkatan hasil panen yang cukup signifikan.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.