Lomba Menyumpit Piala Dandim 1203 Ketapang

Demonstrasi menyumpit yang dilakukan oleh perwakilan komandan kodim 1203 kapten Mardianus bersama bupati dan forkopimda Kab. ketapang
Demontrasi Lomba Menyumpit Piala Dandim 1203 Ketapang

KETAPANGNEWS.COM – Pertandingan olah raga tradisonal daerah menyumpit dalam memperebutkan Piala Dandim 1203 Ketapang, dalam arena Pentas seni budaya dayak dan Pameran ke VI Dewan Adat Dayak Ketapang, resmi di buka oleh Bupati Martin Rantan didahului demonstrasi menyumpit.

Perlombaan menyumpit yang diikuti para pemuda dari utusan DAD 20 Kecamatan sanggar dan anggota Kodim 1203 ketapang, berlangsung pada minggu, (25/11) pagi di arena pentas seni dan budaya kompleks Pendopo Bupati Ketapang.

Menurut Bupati menyumpit adalah warisan tradisi masyarakat Dayak sejak jaman dahulu, yang mana menyumpit dulunya dipergunakan untuk berburu binatang buruan, selain itu juga sumpit dipakai masyarakat Dayak untuk mempertahankan hidup baik, berburu untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun untuk berperang.

Dalam kejuaraan menyumpit piala DANDIM 1203 Ketapang tahun ini diharapkan Bupati Martin Rantan dapat menjadi ajang melestarikan sumpit kepada generasi muda Dayak, yang dewasa ini dikhawatirkan terkikis dari peradaban oleh perkembangan tehnologi dan perubahan zaman.(Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.