Rakon Bahas Peran Perempuan di Dunia Politik

DSC_0541
Ketua BKOW Provinsi Kalimantan Barat Ny Hj Suma Jenny ( kiri) menyerahkan rekomendasi RAKON ke Bupati Ketapang Martin Rantan.

KETAPANGNEWS.COM-Konsulidasi (RAKON) Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) dan GOW Tingkat Provinsi  Kalimantan Barat di Kota Ketapang  berhasil sukses. Rakon tersebut betemakan Peran politik dan merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota serta pihak terkait lainnya.

Hasil Rekomendasi antara lain merekomendasikan keterwakilan perempuan di dunia politik pada Pemilu 2019. Juga dalam rekomendasi hasil rakon tersebut merekomendasikan secara ekternal dan internal akan program kerja BKOW dan GOW setahun kedepan dan dapat mengevaluasinya.

Bupati Ketapang Martin Rantan SH M.Sos pada penutupan Rakon ke XVIII BKOW dan GOW se Kalimantan Barat di salah satu hotel Ketapang Minggu (13/9) mengatakan, kiprah BKOW dan GOW selama ini sudah menunjukan kiprahnya dengan baik, termasuklah dalam keterwakilannya di dunia Politik maupun di pemerintahan serta swasta.Hasil rekomendasi dalam Rakon yang ditujukan ke Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten akan jadi tindak lanjut dan pertimbangan.

” Sepertinya keterwakilan lima puluh persen di Lembaga legeslatif sangat sulit. Tapi kalau tiga puluh persen masih memungkinkan dan keterwaklan itu mutlak, ” ungkap Martin Rantan.

Kemudian dikatakannya, kiprah BKOW dan GOW yang telah dan sedang dilaksanakan ini semoga dapat lebih bermanfaat? baik oleh BKOW dan GOW itu sendiri maupun masyarakat.

Peran Politik bagi perempuan di Pemilu 2019 sangat penting, terutama dalam posisi-posisi pengambilan keputusan seperti Rekomendasi hasil Rakon yang disampaikan. Yakni pentingnya keterwaklan perempuan yang memadai untuk kesetaraan dan keadilan gender.

” Manfaatkan BKOW yang  merupakan wadah mediasi antara BKOW yang berada di provinsi Kalbar dengan GOW ditingkat Kabupaten. Silakan untuk menginformasikan kondisi dan kifrah maupun persoalan yang dihadapi. Program kerjanya benar- benar diimplementasikan dan jadikan bahan evaluasi kerja setahun,” harapnya.

Sementara Ketua BKOW Provinsi Kalimantan Barat Ny Hj Suma Jenny Morkes Effendi, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemernitah Kabupaten Ketapang dan GOW dalam penyelenggaraan Rakon BKOW dan GOW ini.

Sukses Rakon tak terlepas tanggung jawab bersama, oleh karenanya Rakon yang sukses ini tetap jadi sebuah perhelatan beharga dan penting dengan  kerjasama yang baik dan lancar.

Mulai dari kesungguhan persiapan hinga pelaksanaan dan berakhir dengan penutupan. Komunikasi yang intensif selama Rakon patut kita apresiasi. Demikian juga penghargaan yang tinggi dengan keikutsertaan GOW dari setiap Kabupaten dan Kota yang telah mengikuti Rakon ini dengan baik.

Suma menghimbau baik organisasinya maupun masyarakat , eksekutif, legislatif  dan ormas serta semua pihak bersama – sama menyatukan hati untuk Pemilu damai 2019. Rakon ke 19 mendatang akan dilangsungkan di Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah dengan tema dibidang kesehatan. Rakon yang paling baik di Ketapang ini merupakan Rakon terbaik di Kalimantan Barat. ( Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.