Dua Minggu Terakhir Di Ketapang Listrik Sering Padam

Listrik Pdam-Net
Listrik Padam-Net

KETAPANGNEWS.COM—Sejak dua minggu terakhir di Kelurahan Kauman Kecamaatan Benua Kayong kerap mati listik, terutama saat malam hari. Parahnya kondisi itu juga terjadi pada malam hari raya idul adha kemarin.

Atas kejadian itu, Legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), H Mat Hoji menilai pelalayanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Ketapang Buruk. Menurut dia, PLN tidak memiliki kesiapan terutama pada pelaksanaan hari besar ummat islam.

“Dua minggu terakhir khususnya di Kauman kerap mati lampu. Yang kita kesalkan justru saat malam takbiran Idul Adha listrik juga mati,” kata Anggota DPRD asal Kauman ini, Senin (3/9) kepada Ketapangnews.com.

Harusnya, kata Mathoji, saat malam hari raya tidak terjadi pemadaman listrik, meskipun secara bergilir. Karenanya PLN harus memiliki kesiapan, terutama pada hari tertentu seperti penyambutan hari raya.

“Diharap pemadaman listrik tidak terjadi pada malam hari raya. Sebab, sudah dua kali terjadi padam listrik, pada malam hari raya idul fitri kemarin juga padam,” ucapnya.

Ia menilai, kerap terjadinya padam listrik akan membuat citra PLN buruk dimata konsumen. Karena, mereka beranggapan apabila telat bayar akan didenda, sementara pelayanan yang diberikan tidak memuaskan.

Kepala PLN Area Ketapang, Wilfrid Siregar menjelaskan, bahwa mulai dari tanggal 19 Agustus hingga 10 september 2018 terpaksa melakukan pemadaman bergilir di wilayah ketapang dan sekitarnya.

Pemadaman ini dilakukan karena ditemukan kelainan pada mesin PLTU unit dua. Sehingga, sambungnya dilakukan tindakan perbaikan, sementara Mesin PLTU unit satu sedang dalam masa pemeliharaan sehingga pasokan Listrik dari PLTU sebesar 20 MW tidak dapat di supply ke masyarakat.

Dengan berkurangnya pasokan listrik dari PLTU menyebabkan defisit supply listrik pada siang hari sebesar 1,5 MW dan pada saat malam hari defisit 6 MW.

“Pemadaman dibuat dalam empat rentang waktu. Yaitu pukul 12.00 – 15.00, pukul 15.00 – 17.00, pukul 17.00 – 20.00 dan pukul 20.00 – 23.00,” jelas Wilfrid.

Atas terjadinya pemadaman, pihaknya dari manajemen PLN Area Ketapang mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pelanggan Ketapang dan sekitarnya. Diharapkan pemeliharan mesin PLTU dapat berjalan lancar sehingga pemadaman bergilir di Ketapang dapat segera diatasi.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.