Pengurus Saka Bakti Husada Ketapang Resmi Dilantik

masa bakti 2018-2023.

IMG-20180826-WA0010
Ketua Kwatir Cabang Ketapang Hj Suma Jenny Heryanti menyematkan lencana Pancawarsa I yang diterima H. RUSTAMI, SKM, M. Kes.

KETAPANGNEWS.COM– Pengurus Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Ketapang masa bakti 2018-2023 resmi dilantik oleh Ketua Kwatir Cabang Pramuka Kabupaten Ketapang Hj.Suma Jenny Heryanti. Acara tersebut digelar di halaman Dinas Kesehatan Ketapang Minggu ( 26/8).

Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Bakti Husada sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Ketapang H. Rustami SKM M.Kes mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwatir Cabang Kabupaten Ketapang yang telah bersedia meluangkan waktu disela-sela kesibukanya untuk dapat hadir melantik langsung pengurus Saka Bakti Husada Kabupaten Ketapang periode 2018- 2023.

Ia menjelaskan, kegiatan kepramukaan memang kegiatan yang dapat diikuti oleh generasi muda yang ada dindalam dan di luar sekolah. Salah satunya satuan karya Pramuka Bakto Husada ini merupakan sarana dan wahana guna memupuk, mengembangkan, membina dan mengarahkan minta serta bakat generasi muda terhadap kesehatan melalui pendidikan kepramukaan yang mengedepankan pendidikan budi pekerti, kedisplinan dan ketrampilan dinamis.

IMG-20180826-WA0008
Pengurus Saka Bakti Husada periode 2018- 2023 berpoto bersama.

” Untuk itu, Saka Bakti Husada diharapkan bisa mewujudkan tenaga muda kader pembangunan khususnya dibidang Kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi seluruh anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkunganya,” kata Rustami.

Menurutnya, seiring dengan kemajuam zaman, perkembangan ilmu pengetetahuan dan teknologi serta banyaknya masalah- masalah kesehatan di masyarakat, Saka Bakti Husada selalu berusaha untuk memperbaharui dan menambah materi krida dan syarat kecakapan khususnya serta meningkatkan kualitas kegiatannya, sehingga tetap dapat berperan aktif dalam menanggulangi masalah kesehatan.

” Melihat status kesehatan remaja usia sekolah yang sudah tahap pada tahap mengkhawatirkan maka kebijakan revolusi mental melalui kegiatan kepramukaan adalah salah satu jawaban pemecahannya, ” ucapnya.

Rustami berharap melalui pramuka, remaja dapat mendeteksi teman-temanya yang memiliki prilaku beresiko dalam masalah kesehatan, membina anak dan pemuda agar menjadi tenaga kader pembangunan bermoral Pancasila yang kuat dan sehat jasmani dan rohaninya.

” Salah satu upaya untuk membentuk tenaga kader pembangunan tersebut diatas adalah membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang merupakan bagian penting dari pembangunan nasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk memberi wadah kegiatan khusus dalam bidang kesehatan, Sala Bakti Husada adalah salah satu sumber daya dalam membangun gerakan masyarakat hidup sehat ( Germas) dengan pendekatan keluarga sehat melalui Germas, khususnya anak usia sekolah dan remaja digerakan untuk sadar, mau dan memiliki kemampuan untuk berprilaku sehat.

Rustami mengungkapkan, melaui Saka Bakt iHusada, anak usia sekolah dan remaja bukan hanya diberi pengetahuan kesehatan, namun diharapkan juga mampu menjadi pemicu perubahan hidup sehat dilingkungan keluarga, masyarakat dan Negara. Melalui Saka Bakti Husada, anak usia sekolah dan remaja menjadi salah satu kader kesehatan Indonesia.

” Saya berharap dengan telah dilantiknya pengurus Saka Bakti Husada tingkat Kabupaten Ketapang ini, dapat membawa perubahan serta peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas dari Saka Bakti Husada. Ini semua dilakukan untuk mewujudkan kader pembangunan dalam bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat dilingkunganya,” harapnya.

Pada kesempatan pelantikan tersebut juga diserahkan lencana Pancawarsa I yang diterima H. RUSTAMI, SKM, M. Kes,  A. TRI KURNIASIH, S. Si. Apt, HERMIZA, SKM dan CHAIRUL ASWADI, SKM serta SRI MULYANI, SKM. (Jay ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.