Helikopter Pemadam Kebakaran Terus Patroli

Helikopter-Net
Helikopter pemadam kebakaran-Net

KETAPANGNEWS.COM—Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang terus berupaya melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal demikian dilakukan seiring dengan menindaklanjuti edaran Mendagri RI tentang kesiapsiagaan Kabupaten/Kota dalam penanggulangan Karhutla.

Kepala BPBD Ketapang, Maryadi Asmule mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan patroli rutin, baik melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dibentuk maupun helikopter.

“Untuk heli sendiri diperuntukkan untuk melakukan terjadinya karhutla pada wilayah sulit dijangkau oleh tim gabungan,” kata Maryadi, Kamis (9/8).

Selain itu, berbagai upaya lain juga sudah dilakukan. Diantaranya membuat posko siaga, membentuk kelompok masyarakat peduli bencana hingga melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kemudian, Bupati Ketapang juga telah mengeluarkan edaran tentang penanggulangan Karhutla tanggal 6 Agustus kemarin,” timbal dia.

Mengenai wilayah yang berpotensi terjadi karhutla, menurutnya berada di Kecamatan Matan Hilir Selatan dan Kendawangan, karena kultur lahannya gambut. Bahkan sejauh ini yang paling banyak terjadi titik hotspot berada di Kecamatan pesisir.

Ia menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat di Ketapang agar sama-sama menjaga guna tidak terjadinya karhutla. Sehingga kejadian tahun sebelumnya tak terjadi lagi.(absa)

Iklan HUT BPN
Iklan HUT BPN

Leave a Reply

Your email address will not be published.