Generasi Millenial Ketapang Tanam Ratusan Bibit Bakau

Generasi Millenial
Anggota Generasi Millenial Ketapang sedang melakukan penanaman bibit bakau dipesisir pantai Desa Pesaguan Kiri.

KETAPANGNEWS.COM—Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada tanggal 17 Agustus mendatang, Generasi Millenial Ketapang menyelenggarakan Penghijauan penanaman Bakau/Mangrov di pesisir pantai Desa Pesaguan Kiri, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) Minggu (5/7) kemarin.

Dalam kesempatan itu, generasi Millenial Ketapang dalam gerakannya mengangkat tema “Kami Peduli” Dengan Slogan “Tak Perlu Menunggu Perintah Kami Belajar Dengan Penuh Kesadaran Diri”.

Ketua Kegiatan, Harry Sigit mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan cara pihaknya untuk memperingati Dirgahayu RI ke-73.

Selain itu, penanaman juga berkala lanjut untuk membimbing menjadi sebuah Desa binaan diisi dengan menanam ratusan bibit bakau. Mengingat, hutan bakau memiliki peranan dan manfaat yang penting baik langsung maupun tidak bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.

“Karenanya, untuk bibit yang sudah ditanam tersebut akan tetap kami pantau perkembangannya, ya minimal setiap bulannya akan pasti dipantau,” kata Harry.

Menurut dia, penanaman bibit mangrove (bakau) sangat penting. Tujuannya untuk mencegah instrusi air laut, erosi dan abrasi pantai, pencegah dan penyaringan alami. Serta berperan dalam pembentukan pulau dan Menstabilkan daerah pesisir sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

Sementara itu, Kepala Dusun I Desa Pesaguan Kiri, Mawar merasa bersyukur dan berterima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan Generasi Millenial di Desanya.

“Kami masyarakat pesaguan kiri bersyukur karna adanya kegiatan seperti ini. Dahulu memang pernah dilakukan penanaman bakau, tapi semua bibit yang ditanam mati. Kami berharap semue bibit yang telah ditanam ini bise tumbu dengan baik,” ucapnya.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.