DKPP Gencarkan Registrasi Kepemilikan Kapal Nelayan

Andi-Manalu
Kepala Bidang Tangkap DKPP Ketapang, Andi Manalu.

KETAPANGNEWS.COM—Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Ketapang terus melakukan pendataan pada kapal nelayan di Kabupaten Ketapang. Saat ini, DKPP sudah meregistrasi sebanyak 463 kapal milik nelayan.

“Jumlah 463 kapal yang diregistrasi merupakan hasil kerjasama antara DKPP dengan Syahbandar Ketapang. Angka tersebut didata dari 47 Desa Kecamatan Pesisir,” ungkap Kepala Bidang Tangkap DKPP Ketapang, Andi Manalu, Senin (6/8).

Dilakukannya registrasi kapal nelayan, menurut Andi sebagai pengganti izin untuk melakukan penangkapan ikan. Serta sebagai syarat utama ketika nelayan mengajukan bantuan. Terlebih, resgistrasi itu merupakan bukti kepemilikan kapal.

“Saat nelayan mengajukan bantuan seperti alat tangkap ikan, maka harus ada bukti kepemilikan kapal yang teregistrasi di dinas terkait,” jelas andi.

Terkait pelaksanaan registrasi sendiri, ia mengaku baru tahun 2018 dilaksanakan. Dan, registrasi yang dilaksanakan adalah kali pertama yang ada di Kalbar dari 14 Kabupaten Kota.

“Cara seperti ini baru di Kabupaten Ketapang yang memulai,” tuturnya.

Selain sebagai bukti kepemilikan kapal, adanya registrasi pemilik kapal juga disertakan dengan pembuatan asuransi nelayan oleh pihaknya.

Dengan demikian, ia berkeyakinan jika nelayan sudah teregistras, maka bantuan-batuan yang disalurkan dari pemerintah ke nelayan akan tepat sasaran.

Karenanya, ia menghimbau kepada nelayan yang merasa belum teregistrasi untuk melakukan registrasi di Desa masing-masing. Sebab, disetiap desa telah ditunjuk petugas yang meregistrasi.

“Registrasinya tidak perlu ke DKPP, tapi bisa di Desa. Sebab di desa sudah ada petugas yang direkrut dan diberi pelatihan kemarin,” tutupnya.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.