Cegah ISPA, Dinas Kesehatan Bagikan Masker Gratis

Kampayekan Pemakaian Masker

20180821_075351
Pegawai Dinas Kesehatan Ketapang saat membagikan masker kepada pengendara sepeda motor di perempatan Agoesdjam Ketapang Selasa ( 21/8) pagi.

KETAPANGNEWS.COM– Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang membagikan masker gratis, kegiatan kampanye sosialisasi pemakaian masker ini menyasar masyarakat pengendara roda dan empat yang melintas di perempatan – perempatan jalan kota Ketapang Selasa (21/8) pagi.

Pembagian masker tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA yang disebabkan asap buruk, akibat kebakaran hutan atau lahan.

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang H Rustami, SKM., M.Kes melalui Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ketapang, Basaria Rajagukguk menjelaskan, kegiatan ini di lakukan sebagai antisipati penyakit ISPA akibat asap buruk kebakaran lahan yang bisa terhirup oleh manusia.

” Ada sekitar 74 ribu stok masker dan sebagian sudah kita bagikan kepada pengguna jalan. Kita imbau masyarakat menggunakan masker untuk kesehatan. Terutama saat keluar rumah, ” imbau Basaria Selasa ( 21/8) dilokasi kegiatan.

Ia mengatakan, sasaran pembagian masker ini selain untuk masyarakat umum juga kepada anak-anak seklolah yang nantinya akan melalui UPTD Puskesmas-Puskesmas yang ada di Ketapang.

‘ Selain Dinas Kesehatan, Puskesmas- Puskesmas juga melakukan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat,” jelasnya.

Basaria mengungkapkan, cuaca saat ini buruk dan banyak asap yang bisa mengangu pernapasan, apalagi jika ada masyarakat berpeyakit Asma akan semakin parah.

” Dengan pakai masker saat keluar rumah akan mengurangi asap buruk yang masuk melaui pernapasan supaya kita terhindar dari ISPA dan untuk menghindari penyakit Pneumonia atau paru-paru basah pada anak-anak,” ungkapnya.

Pembagian masker di beberapa titik di perempatan- perempatan jalan kota Ketapang seperti di perempatan Agoesdjam Ketapang, perempatan Polres Ketapang, perempatan tugu Ale-ale, perempatan lapangan Tanjungpura dan titik lainya dilakukan oleh Pegawai Dinas Kesehatan Ketapang serta pegawai Puskesmas.

Pantauan dilapangan sebagian warga sudah memakai masker saat berkendaraan, namun ada juga warga yang belum memakai masker saat berkendaraan.

Dinas Kesehatan Ketapang mengimbau masyarakat menggunakan masker dan kaca mata jika beraktivitas di luar rumah atau saat berkendaraan agar kesehatanya tetap terjaga.( Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.