Permata Kecubung Ketapang Tetap Memikat

MTQ XXVII Kalbar di Mempawah

DSC_9013
Pj Gubernur Kalbar melihat koleksi permata kecubung asal Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM-– Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Propinsi Kalbar ke XXVII di Mempawah dibuka oleh Pj Gubernur Kalbar, Dody Riyadmadji, Minggu (1/7). Sebanyak 14 Kabupaten/kota, termasuk Kafilah Kabupaten Ketapang ambil bagian dalam MTQ Propinsi Kalbar yang dipersiapkan untuk MTQ Nasional di Medan.

Selain lomba-lomba di bidang tilawah, tartil dan lain yang diikuti qori dan qoriah, Kabupaten Ketapang juga ambil bagian dalam pameran dan kendaraan hias. Pawai taaruf dan pameran MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Kota Mempawah dipusatkan di Komplek GOR Opu Daeng Menambon Mempawah.

Dalam pameran yang bernuasa budaya Islami ini, selain makanan khas amplang, Kabupaten Ketapang juga menampilkan perhiasan batu kecubung. Walaupun saat ini, batu permata tidak lagi “booming”, ternyata Permata Kecubung asal Ketapang tetap diminati.

” Mau lihat batu kecubung, daripada pergi ke Ketapang lumayan jauh, sekarang mumpung lagi pameran,” ucap seorang pengunjung sambil menuju ke stand Kabupaten Ketapang.

Kemilau kecubung asal Ketapang ini juga menarik perhatian Pj Gubernur Kalbar. Bersama dengan Bupati Mempawah, Ria Norsan dan Bupati Kapuas Hulu, M.Natsir, maka Pj Gubernur Kalbar melihat sekaligus mencoba beberapa perhiasan permata yang dihasilkan pengrajin Ketapang. Kemilau koleksi permata kecubung yang dihasilkan diantaranya, warna ungu keribang, warna bening, hitam dan lain-lain. Selama berada di stand pameran Ketapang, Pj Gubenur Kalbar mendapat penjelasan langsung dari Kabag Kesra Setda ketapang Drs Gusti Indra Kesuma M.Si bersama petugas stand lainnya.

Pj Gubernur Kalbar mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Kota Mempawah. Ia berharap syiar Islam semakin meningkat. Selain itu MTQ juga mempererat ukhuwah islamiyah umat Islam di Kalbar. Sekaligus menjadi ajang seleksi untuk kontingen MTQ Kalbar di tingkat nasional.

Harapan Pj Gubernur Kalbar yang disampaikan dalam pelantikan dewan hakim, pelepasan pawai taaruf maupun pembukaan MTQ. Ia juga menuturkan MTQ sebagai momentum untuk menumbuhkan semangat membaca dikalangan masyarakat, khususnya membaca kitab suci Al-Quran bagi umat Islam. Dengan giat membaca Al-Quran maka akan tercipta insan yang relegius dan berkualitas.

” Semangat membaca Alquran maka manusia akan membuka rahasia kehidupan di dunia dan akhirat,” ujarnya.

Bupati Mempawah, H Ria Norsan pada pameran MTQ diikuti 12 kabupaten dan kota se-Kalbar. Ada dua daerah yang tidak mengikuti pameran yakni Kabupaten Bengkayang dan Sekadau. Selain Kabupaten/kota, Pameran ini juga diikuti UKM, perbankan serta para pelaku usaha.

Keikut serta Kabupaten Ketapang dalam pameran MTQ di Mempawah dinilai momentum strategis oleh Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto S, ketika meninjau pemondokan kafilah Ketapang. Dibandingkan dengan promosi keliling luar daerah, maka momentum seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan potensi Kabupaten Ketapang.

“Saya menilai momentum seperti adalah promosi paling murah dan sangat strategis sekali,” ujar Wakil Bupati Ketapang.

Karena itu, momentum pameran seperti ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Stand diharapkan kedepan lebih besar lagi. Selain itu juga didukung dana yang memadai sehingga bisa memberikan dampak positip dalam pembangunan di daerah.

Selama mengikuti pameran dan lomba MTQ di Mempawah, Wakil Bupati Ketapang berpesan seluruh peserta menjaga kesehatan sebaik mungkin. Pergi ke Mempawah dalam keadaan sehat, maka pulang ke Ketapang juga harus sehat.

Dalam menjaga kesehatan, maka makanan dan tidur harus tepat waktu.selain itu, berusaha maksimal dan berdoa agar menghasilkan prestasi yang membanggakan daerah.

“Saya harap Ketapang bisa meraih juara, dan mewakili Kalbar di MTQ nasional,” tegas Wakil Bupati Ketapang. (Adv/Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.