248 JCH Asal Kabupaten Ketapang Dilepas Bupati

DSC_1573
Bupati Ketapang melepas Jemaah Haji Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM-Sebanyak 248 JCH ( Jemaah Calon Haji ) asal Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat dilepas secara resm oleh Bupati Keapang Martin Rantan SH.M.Sos Sabtu (28/7) di Pendopo Bupati.

Martin Rantan SH.M.Sos dihadapan tamu Allah tersebut mengatakan, penyelenggaraan ibaah haji merupakan tugas nasional yang menyangkut harkat dan martabat serta nama baik bangsa maupun negara di luar negeri. Hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia.

” Pemerintah Indonesia terus berusaha memperbaiki pelayanan ibadah haji agar lebih transfaran, mudah, nyaman dan profesional. Kendati demikian partisipasi masyarakat merupakan bagian yang tak tepisahkan dari sistem dan manajement penyelenggaraan ibadah haji,” jelasnya.

Bagaimanapun Lanjut Martin Rantan, pelayanan ibadah haji oleh Pemerintah bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik, melakukan pembinaan serta perlindungan yang sebaik – baiknya kepada jemaah haji dalam rangka penyelenggaraan haji.

” Tidak hanya itu Masyarakat pun dapat memberikan bimbingan ibadah haji, baik perorangan, maupun melalui kelompok- kelompok bimbingan haji yang mendapat ijin operasional dari Kementerian Agama, ” tegas Bupati .

Disamping itu dikatakannya, beberapa tahun belakangan ini, jumlah JCH terus meningkat, peningkatan ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar pada beberapa Bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Dengan demikian menunjukan bahwa tingkat kesadaran umat Islam cukup tinggi tentang ibadah haji.

Oleh karenanya apa yang menjadi rukun dan sunah- sunah haji henaknya dilaksanakan dengan sebaik baiknya, sesuai yang di dapat dari manasik haji maupun ilmu tambahan lain sesuai tuntunan Al-quran dan hadist. Demi Untuk menuju haji mabrur mabrurrah.

” Jemaah Calon Haji hendaknya selalu menjaga kesehatan. Karena ibadah haji merupakan ibadah fisik .Apalagi suhu di Madinah dan Mekkah Arab Saudi mencapai 50 derajat celsius. Kepada petugas haji yang ditunjuk oleh pemerintah juga dapat bekerja dengan baik dalam pelayanananya, ” harap Bupati Martin Rantan.

Sementara itu menurut Gusti Indra Kesuma Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Ketapang, Jumlah JCH asal Kab Ketapang berjumlah 248 orang . Keberangkatannya ke Pontiananak dari Ketapang pada 29 Juli 2018 menggunakan tiga penerbangan pesawat udara. Pada tanggal 29 Juli 2018 dari Pontianak menuju Batam dan dari Batam ke Jeddah Arab Saudi pada 31 Juli 2018.

Hadir dalam kesempatan pelepasan JCH hari itu Kepala Kantor Kemenerian Agama Ketapang H Pohan dan anggota Forkompinda, para kepala SOPD Ketua MUI, IPHI dan sejumlah undangan lainnya. (Adv/Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.