Sosialisasi Saber Pungli di Pemkab Ketapang

Wakil Bupati Drs Suprapto S memberikan sambutan dalam rapat koordinasi Saber Pungli di pendopo bupati Ketapang
Wakil Bupati Drs Suprapto S memberikan sambutan dalam rapat koordinasi Saber Pungli di pendopo bupati Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM – Ketua UPP Saber Pungli Provinsi Kalimantan Barat Kombes Pol Drs Andi Musa SH, melakukan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar dalam upaya pemberantasan secara tegas, terpadu efektif efisien dan mampu menimbulkan efek jera.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Irwasda Polda Kalbar tersebut dihadiri Wakil Bupati Drs H Suprapto S, Pj Sekda, Drs Heronimus Tanam ME, Forkopimda, Kepala SKPD, Camat berlangsung di aula pendopo Bupati Ketapang, Kamis, (3/5).

Bupati Martin Rantan SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Drs Suprapto S, mengatakan pungutan liar telah menjadi musuh bersama karena menurutnya lagi pungutan liar dapat menghambat pelayanan pemerintahan dapat menyengsarakan rakyat.

“Maka dari itu kita harus menyapu bersih pungutan liar di kabupaten ketapang,” tegasnya.

Selanjutnya dalam pekerjaan menyapu bersih pungutan liar di kabupaten Ketapang disampaikan wabup merupakan tantangan dalam pelaksanaannya, dalam menciptakan pelayanan masyarakat yang bersih dari pungutan liar.

“Karenanya kita harus tetap melangkah tegap menyapu bersih pungli di Kabupaten Ketapang,” ajak Wabup lagi.

Dipaparkannya Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, (Saber Pungli) mengamanatkan seluruh lapisan Instansi Pemerintah untuk mencegah dan menghapus adanya indikasi pelaksanaan pungutan liar di Instansi masig masing.

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas maka diterangkan Wabup dibentuklah unit Satgas sapu bersih pungutan liar di Kabupaten Ketapang.

“Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya satgas sapu bersih pungutan liar memiliki kewenangan untuk membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar,” terang Wabup.

Ditambahkan Wabup Suprapto selain itu Satgas Pungli juga dapat memberikan saran kepada kepala Instansi dan lembaga vertikal maupun lembaga yang berada di lingkungan Pemkab Ketapang untuk memberi masukan tentang pnyelenggaraan pelayanan publik yang bertanggungjawab serta memberikan masukan kepala kepala instansi dan lembaga dimaksud untuk menindak dan memberikan sanksi terhadap oknum yang melakukan pungutan liar tersebut.

Selanjutnya Ketua UPP Saber Pungli Provinsi Kalimantan Barat Kombes Pol Drs Andi Musa SH, memberikan paparan serta dialog tentang Peraturan presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang satgas Saber Pungli dan keputusan Gubernur kalbar nomor : kep/75/ITProv/2016 tanggal, 4 Nopember 2016, tentang pembentukan tim saber pungli Provinsi Kalimantan Barat.(Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.