Selfie Dilahan Terbakar

drama (2)
Drama dari Manggala Agni Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM – Usai digelar apel siaga, peserta diperlihatkan drama dari Manggala Agni Ketapang, yang menceritakan aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang terganggu akibat terjadi kebakaran lahan.

Dalam drama ini diperlihatkan usai apel siaga kebakaran Hutan dan Lahan, Kamis (3/5) di halaman Kantor Bupati Ketapang bagaimana awalnya berbagai aktivitas lapisan masyarakat hidup dalam sebuah desa, dari pertanian, pelayanan, pendidikan, memancing berdagang dan lain sebagainya. Masyarakat yang hidup sebagian besar dari aktivitas pertanian mengolah lahan dengan cara membakar, sehingga menimbulkan kabut asap.

Munculnya api dan asap, bukannya sebuah kepedulian, tetapi yang terlihat justru banyak yang foto selfie dengan kondisi lahan yang terbakar. Asap yang semakin tebal, akhirnya menimbulkan dampaknya pada gangguan kesehatan.

Selain memadamkan api, petugas juga aktif memberikan pengarahan kepada masyarakat. Termasuk juga memberikan pembekalan, serta mengajak masyarakat berperan aktif dalam memadamkan api.

Sementara oknum pembakar lahan diserahkan ke pihak berwajib untuk diproses dalam rangka memberikan efek jera. Solusi dalam mengolah lahan tanpa melakukan pembakaran juga dilakukan secara aktif. Drama yang dilakukan tersebut disaksikan bersama seluruh peserta apel, termasuk FKPD dan undangan apel siaga.(Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.