Petani Diminta Lapor Jika Sebelum Panen Ada Kejadian

Ahmad Humaidi
Kabid TPH, Akhmad Humaidi.

KETAPANGNEWS.COM—Kepala Bidang Tanaman Pangan Hultikultura (TPH) Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Ketapang, Akhmad Humaidi meminta kepada masyarakat petani agar segera melapor jika terjadi serangan sebelum masa panen.

Hal demikian dimintanya agar Dinas terkait dapat mencarikan solusi. Terutama terkait apa yang jadi penyebab gagal panen.

“Kita harap masyarakat segera melaporkan jika dilahan pertaniannya terdapat serangan seperti hama, kekeringan dan kebanjiran. Sehingga dapat ditangani dan dicarikan solusi,” kata Akhmad Humaidi, Senin (7/5).

Menurutnya, selama ini kebanyakan petani tidak mau melapor kalau ada kejadian. Padahal yang paling tahu kondisi dilapangan adalah petani itu sendiri.

“Artinya kalau hasil panennya gagal, berarti sebelumnya ada kejadian. Misalnya kekeringan, kebanjiran atupun terserang hama. Karenanya petani harus lapor. Terlebih disetiap Kecamatan ada PPL,” ucap Humaidi.

Sementara terkait adanya informasi sebagaian masyarakat di Desa Pelang mengalami gagal panen, ia mengaku belum mengetahui informasi itu.

“Untuk informasi di Desa Pelang mengalami gagal panen, saya belum mendapat informasinya,” ungkapnya.

Dikatakannya, jika penyebab gagal panen dikarenakan tidak diperbolehkan membakar lahan, maka tidak ada hubungan dengan gagal panen.

“Membakar atau tidak membakar lahan sawahnya, itu tidak ada hubungannya dengan gagal panen,” katanya.

Ia menambahkan, untuk pertanian sejauh ini pihaknya selalu support dan memperhatikan kebutuhan petani. Termasuk para petani yang ada di desa Pelang.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.