Peringatan Harkitnas 2018, Pembangunan SDM Perkuat Pondasi Bangsa

Bupati Martin Rantan SH menjadi inspektur upacara harkitnas 2018 di halaman Kantor Bupati Ketapang
Bupati Martin Rantan SH menjadi inspektur upacara harkitnas 2018 di halaman Kantor Bupati Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM- Upacara bendera memperingati hari kebangkitan nasional ke 110 tahun 2018, kali ini mengusung tema Pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan Nasional Indonesia diera digital.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Martin Rantan SH, sedangkan selaku komandan Upacara Kasat Pol PP Muslimin, S,Ip. Adapun upacara yang diikuti oleh PNS, TNI, Polri ormas, Pemuda Pancasila, Mahasiswa berlangsung di halaman Kantor Bupati Ketapang. Senin (5/12).

Menteri Komunikasi dan informatika RI Rudiantara dalam sambutan yang dibacakan Bupati Martin Rantan SH mengatakan ketika rakyat berinisitif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan lebih dari seabad lalu.

“ Kita nyaris tak punya apa – apa kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa, “ kata Bupati.

Dipaparkannya lagi sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan kominmen itu saja telah cukup asalkan kita bersatu dalam cita – cita yang sama kemerdekaan bangsa.

” Bersatu adalah kata kunci ketika Kita ingin menggapai cita cita yang sangat mulia, namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang didepan, “ kata Bupati.

Boedi Oetomo menurutnya memberikan contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal muasal primodial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Disampaikan Bupati Martin Rantan SH seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju sejajar dengan bangsa- bangsa lain, meski belum sepenuhnya sempurna rakyat telah menikmati hasil perjuangnan para paklawannya berupa meningkatnya perekonomin kesehatan pendidikan dan sebagainya.

“ Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perkehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan,” kata Bupati. (Adv/ Jay ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.