Penyaluran Bansos Rastra Ditargetkan Awal Juni Selesai

Petugas berada di tumpukan beras untuk masyarakat miskin (raskin) yang akan didistribusikan ke rumah tangga sasaran (RTS) wilayah Kabupaten Nganjuk di gudang Bulog Sub Divre V Kediri di kawasan Kedondong, Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (29/1). Data Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Menkokresra) Jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Program beras Raskin nasional 2014 sebanyak 15.530.897 rumah tangga, sama dengan RTS-PM pada tahun 2013. ANTARA FOTO/Rudi Mulya/ss/mes/14
Beras Bulog- Net

KETAPANGNEWS.COM—Perum Bulog Sub Divrei Kabupaten Ketapang memastikan wal Juni 2018 penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Rastra selesai. Saat ini, dari 1.483.750 kg dari program tersebut sudah tersalur sebanyak 615.860 Kg atau 42 persen.

“Kemungkinan akhir bulan Mai 2018 target 75 persen penyaluran tercapai. Sehingga awal Juni sebelum hari raya idul fitri 25 persennya juga sudah tersalur,” kata Kepala Perum Bulog Sub Divre Ketapang, Jusri SE, Senin (28/5).

Jusri mengatakan, saat ini Bulog Ketapang sedang merampungkan proses pemutakhiran data penerima di tiap-tiap desa. Karenanya, ia menghimbau agar seluruh ‎Kecamatan maupun desa saat mengambil Rastra selalu berkoordinasi pada pihaknya.

“Tujuannya agar beras yang diambil dapat segera tersalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM),” ucap Jusri.

Menurutnya, dengan dipercepatnya penyaluran rastra kepada KPM juga sebagai upaya menetralisir harga beras. Meskipun kata dia, untuk haraga beras di Ketapang masih relatif stabil, yaitu berkisar Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu.

“Dipercepatnya Rastara kepada masyarakat tentu dapat menetralisir harga beras. Sebab dapat menekan inflasi dan menjaga stabilisasi harga,” tuturnya.

Sementara, untuk tetap menjaga stabilitas harag beras khususnya di bulan ramdhan, ia meminta kepada mitra Bolog, diantaranya pedagang pengecer (ritailer) dan distributor dapat bekerjasama dalam kegiatan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OPCBP). Misalnya dalam sosialisasi.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.