Disdukcapil Ketapang Lakukan Perekaman e-KTP di Pontianak

Ilustrasi-Net
e- KTP – Net

KETAPANGNEWS.COM, Pontianak—Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ketapang melakukan e-KTP di Kota Pontianak. Perekaman yang dimulai sejak 7 – 9 Mei 2018 tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat Ketapang yang ada di Pontianak, terutama para pelajar dan mahasiswa.

Menurut Kepala Disdukcapil Ketapang, Mansen SH, pelaksanaan perekaman juga dilakukan beberapa Disdukcapil daerah lain di Kalimantan Barat (Kalbar) dan serentak ditempat yang sama, yakni di Rumah Radang.

“Pelaksanaan perekaman ini terbuka untuk umum, termasuk para pelajar dan mahasiswa yang kuliah dipontianak. Di kegiatan ini banyak masyarakat melakukan perekaman e-KTP, hanya saja sampai hari ini belum bisa direkap jumlahnya,” kata Mansen, Rabu (9/5).

Mansen menjelaskan, perekaman yang dilakukan pihaknya merupakan tindak lanjut dari instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Lanjutnya, program GISA tersebut adalah sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data, sadar pemanfaatan data dan melayani administrasi kependudukan menuju pelayanan yang membahagiakan.

“Sebab itulah, Disdukcapil Kalbar melaunching program GISA sekaligus melakukan perekaman e-KTP. Pada launching ini kami hanya melakukan perekaman e-KTP saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam melayani perekaman e-KTP di Pontianak, Disdukcapil Ketapang menerjunkan sembilan petugas disertai peralatan. Rencananya kata dia, tak hanya perekaman e-KTP, namun juga akan dilakukan pencetakan e-KTP.

“Tapi karena dikhawatirkan waktunya tidak memadai, maka hanya melayani perekaman saja. Sementara untuk cetak e-KTP akan dikoordinir Disdukcapil Provinsi. Kemungkinan paling lambat satu pekan kedepan sudah selesai,” tutupnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.