Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

_DSC0544
Bupati Ketapang Martin Rantan bersama Ketua TP PKK Ny Betty Martin meninjau Lomba Cipta Menu B2SA.

KETAPANGNEWS.COM- Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi B2SA ( Beragam, Bergizi,Seimbang dan Aman ), Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ketapang menggelar lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Ketapang , Selasa (14/5).

Lomba Cipta Menu tersebut dibuka Bupati Ketapang Martin Rantan SH sekaligus menyerahkan hadiah dan piala pemenang lomba serta meninjau display peserta lomba.

Menurut Martin Rantan SH Bupati Ketapang , lomba Cipta Menu B2SA dimaksudkan agar ibu rumah tangga dapat menyajikan pilihan menu yang dapat diaplikasikan dikalangan rumah tangga . Menu yang diperuntukan adalah beragam , Bergizi, Seimbang dan Aman.

” Terutama menu makan siang untuk satu keluarga yang teridiri dari ayah, istri dan dua anak usia dua tahun dan 7 tahun. Demikian juga menyajikan menu kudapan dari olahan pangan lokal,” Kata Martin

Dikatakan Martin Rantan, penyajian menu makanan ini untuk melihat penerapan aspek keaneka ragaman dan keseimbangan pangan dalam menu. Tentunya dengan tetap mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal . Pemerintah Kabupaten Ketapang dan masyarakatnya sangat mendukung penerapan konsumsi B2SA ini.

” Lomba Cipta menu hendaknya tidak berhenti hanya pada saat lomba saja, namun dapat ditindak lanjuti secara terus menerus,” tegasnya .

Sementara itu menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ketapang H Agus Hendri SE.M.Si, Lomba Cipta Menu yang digelar pihaknya juga meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan B2SA. Sekaligus mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Sasaran kegiatan lomba ini adalah TP PKK di 12 Kecamatan dan 11 Kelompok PKK Tingkat Kelurahan dan Desa dalam Kabupaten Ketapang serta dari satu Kelompok Organisasi profesi yakni dari IBI ( Ikatan Bidan Indonesia ) Ketapang.

” Kegiatan lomba menggunakan bahan baku pangan lokal non beras dan non terigu,” ujar Agus.

Adapun Juri Lomba Cipta Menu, ungkap Agus Hendri, menggunakan juri berasal dari Eksecutive Cheef Hotel Aston, Ahli Gizi dari TP PKK Provinsi Kalbar dan dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan Kabupaten Ketapang. Penilaian yang dinilai adalah Kategori Kreasi Menu Seimbang dan Beragam. Berpenampilan dan penyajian menu katagori kreasi pengembangan resep dan Cita rasa maupun kategori penggunaan bahan pangan lokal

” Dari Juara satu hingga juara empat dalam penilaian kategori disediakan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan ” paparnya.

Bupati Ketapang Martin Rantan SH juga turut meresmikan Toko Tani Indonesia atau TTI sebanyak 2 buah dan meresmikan kegiatan pengembangan usaha pangan masyarakat ( PUPM) bantuan pemerintah untuk Gapoktan Cahaya Timur Desa Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan. Serta Dirangkai dengan menyerahkan bibit ikan secara simbolis kepada Sekolah Adiwiyata yakni SMP Negeri 05. SMK Negeri 02 dan SMP Agustinus serta SMA Santo Petrus Ketapang. Juga dalam kesempatan tersebut digelar bazar murah tanaman pangan lokal berupa beras, sayur- sayuran dan beberapa sembako lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut para anggota Forkompinda, Kepala SOPD, Ibu Ketua TP PKK Ketapang Ny. Elisabet Betty, para Camat beserta ibu, para Kepala Sekolah dan sejumlah undangan lainnya.( Adv/Jay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.