Aliansi Pemuda Ketapang Tolak Perpres Penggunaan TKA

Aliansi Pemuda Ketapang
Aliansi Pemuda Ketapang ketika menggelar aksi di halaman Kantor DPRD Ketapang, Rabu (2/5).

KETAPANGNEWS.COM—Selain SBSI, Ratusan massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), PMKRI dan BEM Polinka juga menggelar aksi demonstrasi memperingati hari buruh internasional ke DPRD Ketapang, Rabu (2/5).

Ratusan massa dari berbagai Organisasi Mahasiswa itu tergabung dalam “Aliansi Pemuda Ketapang”. Dalam kesempatan tersebut ada tujuh tuntutan disampaikan ke DPRD.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Pemuda, Randa Sukamawan mengatakan, aliansi Pemuda Ketapang menolak keras Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).

“Kita nyatakan menolak Perpres nomor 20 tahun 2018,” kata Randa Sukmawan dalam orasinya, Rabu (2/5).

Selain menyangkut isu nasioanl, pihaknya juga menyampikan isu-isu lokal. Seperti meminta agar pemerintah mensosialisasikan prosedur legalitas SDA Bagi Masyarakat Lokal. Penyerapan dan pemberdayaan Tenaga Kerja Masyarakat Lokal di Lingkungan Perusahaan.

Selanjutnya, adanya MoU antara perusahaan dengan perguruan tinggi. Melakukan Investigasi lapangan terhadap TKA oleh pemerintah bersama pemuda/mahasiswa.

Kemudian perusahaan wajib meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Lokal. Dan setiap perusahaan wajib menyediakan transportasi bagi buruh.

Orasi Ketua HMI
Ketua HMI Ketapang, Ali Rohman saat menyampaikan orasinya.

Sementara, Ketua HMI Ketapang, Ali Rohman menambahkan, terkait perpres nomor 20 tahun 2018, dirinya meminta agar Pemerintah dapat mencabut keputusan tersebut. Lantaran menurutnya kehadiran Perpres itu memicu pertanyaa.

Bahkan sambung Ali, dalam perpres itu tidak memberikan batasan jelas mengenai jenis pekerjaan apa yang dapat diisi oleh TKA.

“Kita khawatir saja, pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan SDM kita justru mereka (TKA-red) juga yang mengerjakan. Makanya dalam tuntutan kita sampaikan agar pemuda juga diajak jika pemerintah melakukan pengecekan di lapangan,” ujarnya.(absa)

2 Responses to "Aliansi Pemuda Ketapang Tolak Perpres Penggunaan TKA"

  1. Heri   2 May, 2018 at 8:46 pm

    selamat malam mas, saya Heri Junaidi Humas Aksi, mau sedikit menambahkan kalau Aliansi terdiri dari 5 organisasi, masih kurang 1 OKP yg belum masuk tulisan di atas.

    Reply
  2. Heri   2 May, 2018 at 8:50 pm

    http://ketapangnews.com/2018/04/hari-buruh-aliansi-pemuda-ketapang-akan-gelar-aksi/

    ini yg lengkap Anggota Aliansi Pemuda Ketapang

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.