Rastra Gratis di Ketapang Belum Terealisasi

Bulog-Net
Beras Bulog- Net.

KETAPANGNEWS.COM—Sejak Januari 2018 Pemerintah Pusat telah menggratiskan penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat miskin. Hanya saja, di Kabupaten Ketapang hingga saat ini belum terealisai. Padahal pada maret 2018 lalu Bulog Ketapang memastikan penyalurannya.

Kepala Bulog Sub Divrei Ketapang melalui Kasi Pengendalian Harga dan Pelayanan Publik, Jarau Matu mengaku, belum disalurkannya rastra ke masyarakat dikarenakan saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) sedang mempersiapkan anggarannya. Ditambah lagi adanya aturan baru dari Kemensos.

“Pemda sedang menyiapkan anggarannya. Kalau dari Bulog selalu siap, bahkan stok berasnya sejak Januari 2018 kemarin sudah dikemas per 10 Kg,” kata Jarau Matu, Rabu (11/4) kepada media di Ketapang.

Menurutnya, akibat dari terlambatnya penyaluran beras tersebut, Bulog sendiri terkendala soal penampungan stok beras untuk tiga bulan kedepan. Dikarenakan tempat penumpukan beras di gudang Bulog tidak cukup menampung.

“Kafasitas penampungan dua gudang milik Bulog hanya mampu menampung dua ribu ton beras. Sehingga jika tidak cepat disalurkan, maka kita agak kewalahan menempatkan stok beras tiga bulan kedepan,” ungkapnya.

Ia berharap, Pemda dapat mempercepat proses persiapa penyaluran rastra ke masyarakat dalam waktu dekat yang jumlahnya 1.187.000 Kg belum tersalur.

Sebab, kata dia selain sebagai bantuan sosial, rastra juga mengurangi beban Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Serta salah satu program untuk stabilitas harga beras di Ketapang.‎‎

“Sekarang sudah mendekati bulan ramadhan, jika terlalu lama menumpuk di gudang maka bisa mengurangi mutu atau kualitas beras‎,” pungkasnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.