Porseni Tingkat SMP Kabupaten Ketapang Dimulai

Porseni
Bupati Ketapang, Martin Rantan didampingi Wakil Bupati, Kadis Pendidikan, Wakil Ketua DPRD serta Forkopimda berpoto bersama kesetiap kontingen peserta lomba, Sabtu (7/3).

KETAPANGNEWS.COM—Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Ketapang tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) resmi dibuka Bupati Ketapang, Martin Rantan, Sabtu (7/4) sore, di halaman Tanjungpura.

Dalam Porseni tersebut meliputi pelaksanaan Olimpiade Olahraga Sain Nasional (O2SN), Festival Lomba Sain dan Seni Nasional (FLS2N) dan Gala Siswa Indonesia (GSI). Masing-masing bidang akan memperlombakan berbagai cabang olahraga dan kesenian.

Untuk O2SN memperlombakan cabang Bulu tangkis, karate, pencak silat, atletik dan renang. FLS2N memperlombakan cabang tari kreasi tradisional, menyanyi solo, gitar klasik dan desain poster. Sementara GSI merupakan kompetisi sepakbola.

Kegiatan yang diikuti 1022 peserta dari perwakilan SMP setiap Kecamatan itu dilaksanakan mulai 7 hingga 16 April diberbagai tempat sesuai ketentuan panitia pelaksana.

Kepala Disdik Ketapang, Jahilin MPd dalam laporan panitianya menyampaikan, ketiga event Porseni yang diselenggarakan pihaknya bertujuan untuk meningkatkan bakat dan prestasi peserta didik di bidang olahrag dan seni.

Selanjutnya, kata Jahilin juga untuk memotivasi sekolah agar menyusun dan melaksanakan program Kokurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan baik. Sehingga tercipta proses pembelajaran yang bermakna.

“Pelaksanaan Porseni ini juga merupakan bagian dari program bakat dan prestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan di seluruh daerah se-Indonesia,” kata Jahilin, Sabtu (7/3).

Terkait pelaksanaan Porseni, menurutnya tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Terutama kepada Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, serta pihak terlibat lainnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama Bupati dan Wakil Bupati yang ikut membatu pelaksanaan kegiatan. Terlebih kegiatan ini dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ucapnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.