Pertama Digelar, GSI Diikuti 18 Tim Sepakbola Tingkat SMP

GSI
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH.

KETAPANGNEWS.COM—Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ketapang menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Ketapang tahun 2018. Kegiatan tersebut dimulai pada 7 hingga 17 April.

Porseni tahun 2018 kali ini justru berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, selain meliputi pelaksanaan Olimpiade Olahraga Sain Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Sain dan Seni Nasional (FLS2N), juga ada Gala Siswa Indonesia (GSI).

Dimana khusus GSI, merupakan program pertama kali dilaksanakan atas dasar kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud), Komite Olahraga Nasioanal Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Khusus GSI adalah program perdana yang merupakan kerjasama antara Kemendikbud, KONI dan PSSI,” kata Kabid Pendidikan SMP Disdik Ketapang, Uti Royten, Sabtu (7/4) sore.

Menurutnya, GSI adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi dibidang olahraga sepakbola antara siswa SMP dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba tertentu.

Adapan tujuannya, dijelaskan Uti, yakni meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olahraga sepakbola. Meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif. Meningkatkan kesehatan jasmani dan menciptakan kondisi kompetitif secara sehat.

“Tidak kalah penting juga melatih sportivitas dan tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepakbola dan meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, GSI juga merupakan sebagian usaha pemerintah dalam mengajak pihak-pihak yang berwenang untuk memberikan ruang belajar bagi para siswa berbakat dan berminat, terutama pada bidang sepakbola.

Sehingga sambung dia, guru, supporter, orangtua, dan pihak swasta dapat sama-sama belajar dalam menggerakkan produksi dan komunitas sepakbola untuk kemajuan persepakbolaan Indonesia.

Mengenai pelaksanaan GSI di Ketapang, kompetisi diselenggarakan secara bertingkat, dimulai tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan tingkat Nasional.

“Kompetisi tingkat Kecamatan kemarin tanggal 1-14 maret. Adapun tingkat Kabupaten dilaksanakan mulai tanggal 7-17 April. Kemudian kompetisi tingkat provinsi pada 1-14 September di Pontianak dan tingkat Nasional 10-16 Oktober di Jakarta,” papar dia.

“Khusus di Kecamatan, kami kami mengucapkan terima kasih kepada Muspika dan Badan Usaha yang membantu. Sehingga GSI di 18 Kecamatan dapat terlaksana,” sambungnya.

Sementara, Bupati Ketapang Martin Rantan mendukung program tersebut. Lantaaran dapat menyaring bibit-bibit pemain sepakbola yang kemudian akan memajukan dunia persepakbolaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Ketapang.

“Saya sangat mendukung program GSI ini. Untuk para peserta GSI, junjung sportivitas dalam bertanding. Dan selamat bertanding,” kata Martin saat membuka Porseni Tingkat SMP.

Pantauan Ketapangnews, pada laga pertama GSI usai dibukanya oleh Bupati, mempertemukan tim sepakbola SMP Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dengan SMP Kecamatan Delta Pawan.(absa)

One Response to "Pertama Digelar, GSI Diikuti 18 Tim Sepakbola Tingkat SMP"

  1. Smpn 2 sandai   7 April, 2018 at 9:33 pm

    Semoga dapat meningkatkan prestasi sepak bola dikabupaten ketapang. Tetap semangat siswa sandai junjung tinggi sportifitas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.