Pembuat SIM Akan Lalui Proses Ini

Pembuat SIM
Salah satu warga Ketapang sedang mengikuti proses uji teori pembuatan SIM.

KETAPANGNEWS.COM—Setiap masyarakat yang akan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib mengikuti serangkaian ujian teori dan praktik. Apabila kedua tes tersebut lulus, maka bisa langsung dapat bukti registrasi dan identifikasi dari Kepolisian.

Namun, tidak sedikit juga pemohon tidak lulus saat mengikuti uji teori atau praktik tersebut. Alasannya sederhana, kurang paham tentang materi teori hingga praktik.

Kapolres Ketapang AKBP Sunario melalui Kasat Lantas, AKP Rizal Satria mengatakan, salah satu kunci keberhasilan untuk lulus cukup mudah. Yaitu konsentrasi saat tes praktik dan tertib lalulintas dijalan sebagai bekal dalam uji teori.

“Kuncinya harus konsen. Sebeb saat tes, pembuat SIM juga di tes praktik. Apabila tidak lulus akan diulang sebanyak tiga kali,” kata Rizal Satria, Kamis (5/4).

Rizal menjelaskan, pada uji praktik pembuatan SIM, misalnya SIM C akan di tes mengendarai sepeda motor. Ada empat materi tes praktik, diantaranya mengenadari di jalan lurus, berkelok-kelok, angka delapan dan terakhir menikung ke kanan.

“Setelah dinyatakan lolos, maka selanjutnya pemeriksaan kendaraan. Mulai dari kaca spion, lampu-lampu dan rem kendaraan,” jelasnya.

Sementara, untuk pembuatan SIM mobil syaratnya juga tidak berbeda jauh dengan SIM C atau kendaraan roda dua. Untuk SIM A, pemohon harus berusia 17 tahun. Untuk pemohon BI dan BII berusia 20 tahun. Sedangkan SIM C dan D berusia minimal 16 tahun dan SIM umum paling tidak berusia 21 tahun.

Syarat berikutnya adalah kelengkapan berkas berupa KTP asli dan fotokopi sebanyak empat lembar. Serta Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter. Kemudian isi formulir permohonan SIM disertai fotokopi KTP, Selanjutnya mengikuti ujian teori.

“Jika sudah lulus ujian teori, pemohon berhak mengikuti ujian praktik sesuai jenis SIM yang ingin didapat. Misalnya untuk SIM A, pemohon harus mengikuti ujian praktik dengan mobil yang sudah tersedia,” papar dia.

“Kalau lulus dalam ujian teori dan praktik, pemohon akan dipanggil untuk pembuatan SIM,” timbalnya.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.