Menyongsong Pemilu 2019, KPU Gelar Pentas Seni Budaya

Seni Pasundan
Penambilan seni budaya group Pasundan Ketapang di acara pentas seni KPU Ketapang, Sabtu (21/4).

KETAPANGNEWS.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang menyelenggarakan pentas seni budaya menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tatahun 2019, Sabtu (21/4) pagi di halaman kantornya, Jalan S Parman, Kelurahan Sukaharja Kecamatan Delta Pawan.

Kegiatan yang menampilkan berbagai kesenian di Ketapang itu dibuka oleh Ketua KPU Ketapang, Ronny Irawan dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta perwakilan Partai Politik (Parpol).

Dalam sambutannya, Ronny Irawan mengatakan jika pentas seni budaya yang diselenggarakan pihaknya merupakan kegiatan serentak di seluruh penyelenggara Pemilu di Indonesia, salah satunya KPU Ketapang.

“Ini kegiatan serentak. Tujuannya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa Pemilu serentak meliputi Pemilihan DPR, DPRD Provinsi/Kabupaten, DPD dan Presiden dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang,” kata Ronny Irawan.

Sosialisasi pada masyarakat terutama pengenalan Parpol, Menurut Ronny Irawan sangat penting. Meskipun peserta Pemilu adalah kontestan sebelumnya, namun pada Pemilu 2019 telah terjadi perubahan nomor urut Parpol. Ditambah lagi adanya Parpol baru yang juga jadi peserta.

“Karenanya dalam kesempatan ini seluruh Parpol diberikan kesempatan naik panggung mengenalkan atribut berupa logo, lambang dan bendera hingga nomor urutnya. Sementara untuk Parpol yang akan berkompetisi, sesuai ketetapan KPU RI ada 14 Parpol” ujar Ronny.

Ia berharap, melalui pentas seni tersebut tidak saja hanya kepentingan menghibur. Melainkan dapat melahirkan informasi penting terkait Pemilu yang nantinya disebarluaskan ke masyarakat. Sehingga menambah wawasan masyarakat tentang Kepemiluan.

“Melalui pentas seni budaya ini diharapkan dapat melahirkan informasi penting tentang kepemilian dan disebarluaskan ke masyarakat,” harapnya.

Terkait pentas seni dengan menampilkan berbagai kesenian suku dan etnis, menurutnya merupakan wujud jika KPU ingin mendekatkan diri kepada seluruh masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memenuhi hak konstitusionalnya berpartisipasi memilih.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.