Melalui Porseni SMP, Bupati Yakin Dapat Tumbuhkan Jiwa Sportivitas

GSI
Bupati Ketapang Martin Rantan SH.

KETAPANGNEWS.COM—Bupati Ketapang, Martin Rantan SH membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Ketapang tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik), Sabtu (7/4) sore, di halaman Tanjungpura.

Dalam sambutannya, Martin Rantan mengatakan, melalui kegiatan Porseni yang didalamnya terdapat berbagai jenis lomba merupakan wujud pengimplementasikan penguatan pendidikan karakter peserta didik di sekolah.

Pendidikan karakter yang dimaksud, kata Martin adalah pembiasaan dan pembudayaan nilai-nilai yang baik, positif bagi optimalisasi pribadi peserta didik, karenanya harus didukung.

“Saya yakin, melalui kegiatan kompetitif ini akan memunculkan semangat prilaku kerja keras, kerjasama, kaloborasi dan saling sinergi. Serta tekat yang kuat, disiplin dan kreativitas. Dan tentu saja jiwa besar maupun sportivitas mengakui keunggulan lawan dan kelebihan orang kain,” kata Martin.

Hal demikian disampaikanya lantaran menurut dia, saat ini semangat kebangsaan dan kesedian untuk menghargai kebhinekaan mengalami kemunduran. Nasionalis anak bangsa justru semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

“Sekali lagi saya yakin melalui kegiatan ini peserta didik dapat kembali mengarus utamakan semangat cinta tanah air, menghargai keberagaman dikalangan peserta didik,” tutur Mantan Anggota DPRD Provinsi kalbar ini.

Karenanya, dikesmpatan tersebut ia berpesan agar peserta didik yang berkopetisi dapat memanfaatkan ajang Porseni dengan baik dan menikmati seluruh prosesnya. Sehingga saat berkompetisi tidak ada jiwa taku kalah.

“Kemenagan bukanlah semata-mata tujuan dalam setiap perlombaan. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana dapat tumbuh dan kembang menjadi pribadi yang baik, berkarakter, tangguh, dan tidak mudah menyerah,” pesannya kepada peserta didik.

Kepada pihak sekolah, ia mengucapkan terimakasih karena telah mempasilitasi para siswa/siswinnya mengikuti ajang Porseni. Terlebih partisipasi sekolah dalam kegiatan ini merupakan cerminan proses pembelajaran di sekolah.

“Untuk itu diharapkan agar sekolah menyusun dan melaksanakan program ko-kurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan baik. Karena sekolah merupakan ujung tombak pencapaian peningkatan mutu pendidikan di Ketapang,” pintanya.

“Semoga di tahun-tahun mendatang partispasi sekolah dan peserta didik semakin meningkat dalam pelaksanaan Porseni ataupun kegiatan lainnya,” timpa orang nomor satu di Ketapang ini.

Untuk diketahui, dalam Porseni tersebut meliputi pelaksanaan Olimpiade Olahraga Sains Nasional (O2SN), Festival Lomba Sain dan Seni Nasional (FLS2N) dan Gala Siswa Indonesia (GSI). Masing-masing bidang akan memperlombakan berbagai cabang olahraga dan kesenian.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.